Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Warna Cat Terbaik untuk Setiap Ruangan Menurut Para Ahli

Selain itu, warna cat pada dinding yang dihasilkan dari beragam merek cat memiliki pengaruh dalam membuat suasana dan menerangi ruangan.

Jadi, masuk akal jika corak cat yang tepat bisa meningkatkan kualitas hidupmu di rumah. Untuk membantumu memilih corak yang sempurna, ada pilihan warna cat yang sesuai untuk masing-masing ruangan berdasarkan para ahli.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (30/3/2021), berikut 9 pilihan warna cat terbaik untuk masing-masing ruangan di rumah.

1. Warna cat terbaik untuk ruang sibuk: merah muda terang (light pink)

Ada banyak bukti bahwa warna pink itu menenangkan dan tenteram. Misalnya, selama 40 tahun terakhir, warna pink pada sebuah pusat penahanan telah membuat narapidana tenang.

Jadi rona ini sempurna untuk ruang sibuk mana pun, di mana kamu perlu diingatkan untuk bernapas dan rileks.

Pertimbangkan untuk menciptakan perasaan yang menyenangkan dengan mencampurkan warna pink dengan warna pastel mint atau kuning pucat.

2. Warna cat terbaik untuk kamar bayi berjenis kelamin apa pun: hijau cerah

Untuk perasaan alami dan keseimbangan, warna hijau bekerja dengan sangat baik. Karena memiliki efek menenangkan, rona hijau apa pun dapat sesuai di sebagian besar ruang di rumahmu.

Gagasan menggunakan warna hijau seperti musim semi untuk membuat kamar bayi netral gender adalah ide yang banyak disukai.

3. Warna cat terbaik untuk dapur: kuning

Victor Tirondola, CEO dan pemilik Manor Works Painting, mengatakan kuning mentega adalah warna yang sangat bagus untuk dapur makan.



Rona warna ini meningkatkan nafsu makan sekaligus meningkatkan tingkat energi seseorang. Menyantap sarapan di dapur kuning dapat meningkatkan antusiasme dan motivasimu.

4. Warna cat terbaik untuk kamar tidur: biru tua (deep blue)

Sementara beberapa studi yang dikutip oleh Frontiers in Psychology mengungkapkan bahwa cahaya biru meningkatkan kewaspadaan.

Dinding warna biru memberikan rasa ketenangan dan perasaan protektif, yang membuatnya ideal untuk kamar tidur utama, menurut arsitek New York City John Mochelle.

Lihat untuk memadukan nuansa biru yang berani dengan nada yang lebih terang untuk menyeimbangkan tampilan, seperti midnight blue dengan biru langit.

5. Warna cat terbaik untuk ruang gym rumah: merah tebal (bold red)

Tara Polony, seorang desainer interior berbagi pengetahuan bahwa jika kamu ingin membuat pernyataan yang berani dan bersemangat, maka warna merah cerah dapat memberi energi pada ruangan.


Faktanya, menurut studi Journal of Athletic Enhancement, warna dapat meningkatkan kinerja fisik, yang menjadikan dinding aksen merah pilihan yang sangat baik untuk ruang gym di rumah.

6. Warna cat terbaik untuk ruang kerajinan: ungu lavender

Pikirkan di luar kotak dengan warna cat yang tidak terduga seperti ungu, saran Dee Schlotter, pakar warna di PPG Paints.

Tidak seperti banyak warna ungu yang lebih gelap yang biasanya dikaitkan dengan kesedihan atau frustrasi, ungu memiliki suasana misteri, membangkitkan kreativitas.

Ini adalah warna yang sangat bagus untuk memicu imajinasi di ruang hobi atau kerajinan. Pertimbangkan untuk memasangkannya dengan warna netral seperti abu-abu atau dengan warna berry yang cantik.

7. Warna cat terbaik untuk ruang makan: putih hangat

Nampaknya ada banyak sekali warna cat putih yang bisa dipilih, jadi mana yang terbaik untuk ruang makanmu?

Meskipun semuanya berdasarkan preferensi, warna putih yang lebih hangat akan membangkitkan nada warna yang lebih ramah dan mengundang di dalam ruangan.


 

8. Warna cat terbaik untuk jalan masuk rumah yang sibuk: abu-abu

Ciptakan getaran yang menenangkan di lorong pintu masuk rumah dengan warna abu-abu. Dikenal sebagai rona tanpa emosi, warna ini dapat membuat salah satu area paling sibuk di rumahmu terasa tenang dan tertutup, kata John Mochelle, arsitek New York City.

"Warna abu-abu favorit saya condong ke arah putih keperakan. Ini menerangi jalan masuk, membuat mereka terasa lebih hidup daripada benar-benar sunyi," ungkap John.

9. Warna cat terbaik untuk area inti atau kantor rumah: citrus orange

"Oranye adalah warna menyegarkan yang memberi kesan hangat pada sebuah ruangan," kata John Mochelle.

"Warna ini sangat ideal untuk area inti di rumahmu, tempat kamu menghibur, pikirkan ruang keluarga dan ruang makan. Oranye juga merupakan warna motivasi sehingga cocok untuk kantor rumah," jelas John.

Jika mengecat keempat dinding dalam ruangan dengan warna oranye tampak menakutkan, John menyarankan untuk membuat satu dinding aksen.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/30/115800276/9-warna-cat-terbaik-untuk-setiap-ruangan-menurut-para-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke