Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jamur Bersarang di Dinding? Ini Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Penumpukan kelembaban di dalam rumah, akan menyebabkan jamur hitam yang menempel di beberapa bagian seperti dinding atau loteng. Jamur bisa berbahaya bagi kesehatan Anda, terutama menyebabkan masalah pernapasan.

Dilansir dari Country Living, Jumat (19/3/2021), bahkan dalam kasus yang parah dan untuk orang dengan kondisi kesehatan yang memiliki alergi dan masalah lainnya, jamur hitam dapat menyebabkan pneumonia.

Jika Anda mencurigai adanya invasi jamur, Anda mungkin ingin membeli perlengkapan pengujian jamur untuk mengetahui jenis spora jamur yang sedang Anda tangani, dan hubungi ahlinya untuk membantu menghilangkannya.

Namun dalam jangka pendek, berikut adalah beberapa pengobatan alami rumahan (dibuat dengan barang-barang yang kemungkinan besar sudah Anda miliki) yang akan membantu membasmi jamur.

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh sering digunakan untuk mengusir laba-laba, tetapi juga merupakan salah satu pilihan yang lebih aman untuk menghilangkan jamur hitam.

Ini adalah fungisida alami yang dapat berfungsi sebagai produk pembersih, dan memiliki kekuatan untuk mencegah spora jamur datang kembali.

Untuk membuatnya, campurkan 1 sendok teh minyak pohon teh dengan 1 cangkir air dan tingkatkan perbandingan kuantitas dari sana. Kocok dan tuangkan ke dalam botol semprot untuk memaksimalkan cakupan.

Anda juga dapat menggunakan handuk yang dibasahi jika tidak memiliki botol semprot. Setelah dioleskan ke area berjamur, biarkan mengering selama satu jam, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber atau handuk kering.

Pastikan untuk memakai sarung tangan pelindung, karena meski merupakan larutan alami, tetap dapat mengiritasi kulit Anda.

Ekstrak Biji Anggur

Ekstrak biji anggur sangat bagus untuk dimiliki untuk berbagai pengobatan kesehatan dan juga larutan pembersih dan ramuan. Apa yang membuatnya bagus dalam melawan jamur hitam?

Senyawa utamanya adalah polifenol, yang dikenal sebagai limonoid, dan naringenin, yang membantu membunuh bakteri di cucian, membersihkan tumpahan karpet yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, dan untuk mendisinfeksi dan mensterilkan ruang.

Ketika ekstrak digunakan untuk melawan jamur hitam, asam terus menembus pertumbuhan dan mencegah spora jamur kembali.


Campurkan sekitar 10 tetes minyak ekstrak biji grapefruit ke setiap 1 cangkir air yang Anda gunakan. Sekali lagi, cara terbaik untuk membasahi area yang terkena adalah dengan menggunakan botol semprot.

Biarkan larutan selama 10 menit atau selama satu jam, tergantung pada seberapa buruk situasinya, lalu seka residu yang tersisa.

Soda Kue

Baking soda atau soda kue adalah salah satu yang terbaik. Ini adalah zat yang aman untuk dimiliki di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan Anda, dan juga efektif mencegah jamur dan menyerap bau lumut.

Aduk campuran 50/50 soda kue dan air sampai membentuk pasta. Ramuan ini paling baik digunakan untuk menghilangkan noda jamur yang lebih ringan dan mencegah pertumbuhannya di kemudian hari.

Setelah mengaplikasikannya ke area masalah, gunakan sikat kecil untuk mengikis noda jamur. Selanjutnya, campurkan 2 sendok makan soda kue dengan 2 cangkir air, campur, dan tuangkan ke dalam semprotan.

Kocok sekali lagi sebelum menyemprotkannya ke area yang baru saja Anda bersihkan. Biarkan mengering menjadi lapisan pelindung untuk mencegah pertumbuhan jamur di masa mendatang.

Cuka

Cuka suling putih adalah solusi alami yang terjangkau untuk menghilangkan jamur hitam. Karakteristik asam antibakterinya persis seperti yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tuangkan cuka yang belum diencerkan ke dalam botol semprot untuk dioleskan ke area yang terkena, atau cukup gunakan dan tuangkan cuka tersebut langsung ke noda jamur. Gunakan handuk sekali pakai dan seka jamur dari area tersebut.

Jika tidak berhasil, ambil sikat gigi bekas sikat di bagian yang bermasalah. Biarkan beberapa saat hingga mengering, lalu gunakan handuk basah untuk membersihkan area tersebut sekali lagi.

Lemon

Meskipun ini mungkin bukan senjata terkuat melawan jamur hitam, itu mungkin sesuatu yang Anda miliki di dapur.

Ini juga sangat alami, dan siapa yang tidak suka aroma lemon yang baru diperas? Peras tiga hingga lima lemon dan tuangkan di atas area yang terkena.

Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan handuk basah. Seperti beberapa metode di atas, Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menggosok di area masalah jika Anda merasa handuk tidak berfungsi dengan baik.

Untuk pembersihan yang optimal, campurkan lemon dengan sabun cuci piring atau tangan yang Anda miliki di rumah ditambah sedikit air. Sabun akan menambah bobot ekstra pada proses penghilangan jamur.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/19/072000576/jamur-bersarang-di-dinding-ini-solusinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke