Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Sederhana Merawat Tanaman Lidah Mertua

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias memiliki kekuatan untuk mengubah ruang dalam rumah secara ajaib dan membuatnya terlihat hidup dan segar.

Selain itu, tanaman hias juga dapat menjadi dekorasi cantik yang menambahkan unsur alami nan kehijauan pada sebuah ruangan.

Jika berbicara tentang jenis tanaman hias, salah satu tanaman dalam ruangan yang paling umum adalah lidah mertua atau biasa disebut Sansevieria maupun snake plant (tanaman ular).

Lidah mertua adalah tanaman gurun dan menyukai panas dan kelembapan, yang menjadikannya tanaman yang sempurna untuk diletakkan di dalam ruangan.

Lidah mertua sendiri terdiri dari berbagai jenis, beberapa di antaranya adalah lidah mertua silver, moonshine, black and gold, black coral, fernwood dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi, jika kamu adalah seseorang yang memiliki lidah mertua di rumahmu, ikuti tips sukses untuk merawat tanaman dalam ruangan ini, dilansir dari dari Pink Villa, Selasa (2/3/2021).

1. Jangan siram air berlebihan

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi lidah mertua (dan tanaman succulents lainnya) adalah penyiraman yang berlebihan.

Mengingat lidah mertua adalah tanaman gurun, mereka tidak tahan terhadap tanah yang basah dengan baik, dan cenderung mengembangkan busuk akar, sehingga tanaman ini tidak membutuhkan banyak penyiraman dan tidak menyukai daun basah.

Jadi saat menyiram tanaman lidah mertua, jangan mengaburkan daunnya dan malah hanya menyiram tanah, tanpa berlebihan.

2. Simpan di tempat yang panas

Jangan simpan lidah mertua di tempat yang dingin dan jangan menyimpannya di dekat aliran udara dingin.

Simpan lidah mertua di tempat yang panas dan lembab dan jika disimpan di balkon, bawalah ke dalam ruangan, saat suhu turun.

3. Gantilah tanah saat dibutuhkan

Lidah mertua biasanya tidak membutuhkan pupuk, karena merupakan tanaman yang kuat dan tahan banting.

Kamu dapat mengganti tanah setiap 8-10 bulan untuk melindungi akarnya atau jika daunnya menjadi layu.

4. Simpan di bawah cahaya tidak langsung

Tanaman ular tidak membutuhkan sinar matahari langsung, tetapi juga cenderung tidak tumbuh subur di lingkungan yang kurang cahaya.

Letakkan di dekat jendela, untuk memberikan sinar matahari tidak langsung dan untuk menghindari daun terbakar dari sinar matahari langsung.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/02/191900576/4-cara-sederhana-merawat-tanaman-lidah-mertua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke