Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Tanaman Anggrek di Dalam Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek adalah salah satu tanaman hias bunga paling populer. Banyak pemilik rumah menghias pekarangan maupun interior rumah dengan tanaman anggrek yang indah.

Dengan kondisi hidup yang sesuai, merawat tanaman anggrek tidak terlalu sulit. Ini khususnya bila Anda ingin merawat anggrek di dalam ruangan.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (22/2/2021), berikut ini cara merawat tanaman anggrek di dalam ruangan.

Cara merawat tanaman anggrek

Perawatan tanaman anggrek dalam ruangan menjadi mudah setelah Anda mempelajari cara menanamnya dengan benar. Anggrek dapat ditemukan dalam berbagai warna dan ukuran tergantung varietasnya.

Anggrek membuat aksen yang sangat baik untuk hampir semua dekorasi rumah. Anggrek membutuhkan sedikit perawatan setelah semua kebutuhan dasarnya terpenuhi seperti cahaya, suhu, dan kelembaban.

Tips merawat anggrek

Kebanyakan anggrek membutuhkan kondisi yang lembab dan memiliki drainase yang baik.

Ada beberapa jenis media tanam yang dapat digunakan dengan tanaman anggrek, seperti kayu merah atau kulit kayu cemara, sphagnum gambut, batu, gabus, arang, pasir, tanah pot, dan sebagainya.

Campuran dasar untuk menanam anggrek terdiri dari perlit kasar, kulit kayu cemara, dan lumut sphagnum. Anda juga bisa menambahkan arang, namun ini opsional.

Umumnya, mutu kulit kayu tergantung pada jenis anggrek yang ditanam. Misalnya, anggrek phalaenopsis biasanya ditanam di kulit kayu kasar, cattleyas di kulit kayu sedang, dan anggrek muda paling baik ditanam di kulit kayu halus.

Anggrek membutuhkan penanaman yang dangkal. Tempatkan anggrek di jendela atau ruangan yang menghadap timur ke selatan.


Tanaman ini lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung. Cahaya yang tidak mencukupi menyebabkan pembungaan yang buruk. Namun, terlalu banyak cahaya dapat menyebabkan daun hangus.

Suhu juga penting untuk perawatan anggrek dalam ruangan. Sementara anggrek mentolerir suhu yang lebih dingin atau lebih hangat sepanjang musim tanam normal mereka, mereka perlu sekitar 15 derajat lebih dingin di malam hari daripada di siang hari agar cukup mekar.

Tips perawatan anggrek di dalam ruangan

Anggrek membutuhkan banyak air tetapi harus dibiarkan mengering di antara penyiraman.

Salah satu cara memeriksa penyiraman adalah dengan menusuk jari Anda sekitar satu inci ke dalam media tanam. Jika kering, beri air, jika tidak, biarlah.

Tanaman anggrek dalam ruangan juga membutuhkan kelembapan yang cukup, sekitar 50 hingga 70 persen. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kelembapan di rumah Anda.

Tempatkan piring berisi air atau nampan kerikil di bawah tanaman, tanaman kabut setiap hari, atau gunakan pelembab udara.

Pupuk anggrek mingguan atau dua mingguan saat mereka menghasilkan pertumbuhan baru dan turunkan ke interval bulanan atau dua bulanan setelah mereka dewasa. Hentikan sama sekali setelah tanaman tidak aktif.

Tips perawatan anggrek tambahan termasuk mengganti pot, yang biasanya dilakukan dua tahun sekali. Jika anggrek Anda tiba-tiba berhenti mekar tetapi memiliki cahaya, suhu, dan kelembapan yang sesuai, maka perlu mengganti pot.

Perhatikan juga tanda-tanda hama atau penyakit. Anggrek terkadang terpengaruh oleh kutu putih, sisik, dan kutu daun. Ini biasanya dapat dicuci atau dirawat dengan sabun insektisida.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/22/121200076/cara-merawat-tanaman-anggrek-di-dalam-ruangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke