Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Proyek Daur Ulang Pakaian Bayi yang Sudah Tak Terpakai

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat bayi sudah tumbuh besar menjadi seorang balita, segala macam pakaian lucu yang mereka miliki mungkin hanya tinggal kenangan, bahkan sebagai sesuatu yang tidak lagi perlu disimpan.

Namun, pakaian bayi yang sudah lama dan tak lagi terpakai adalah sumber kreativitasmu yang bagus untuk membuat sesuatu yang lain yang bisa berguna.

Saat kamu menyimpan semua pakaian bayimu, itu tidak praktis, apalagi jika kamu kehabisan ruang penyimpanannya.

Cara terbaik untuk menggunakan kembali pakaian bayi yang tidak lagi terpakai adalah menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-harimu.

Akan sangat menarik untuk menggunakan pakaian bayi bekas untuk membuat beberapa barang lain yang menyimpan semua kenangan itu.

Jika kamu memiliki sedikit kreativitas, kamu dapat menggunakan pakaian bayi lama untuk membuat produk yang sangat berguna.

Cara ini juga akan membuat anak-anakmu merasa dicintai ketika mereka melihat pakaian lama mereka kamu gunakan kembali setelah mereka dewasa.

Cara terbaik untuk memanfaatkan pakaian bayi yang lama adalah dengan bersiap untuk bereksperimen. Melalui berbagai trial and error dan akhirnya, kamu akan mendapatkan produk baru yang menarik.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (10/2/2021), berikut ini adalah beberapa ide lucu untuk menggunakan kembali pakaian bayi milikmu yang tidak terpakai.

1. Jadikan selimut

Kumpulkan pakaian bayimu yang tidak lagi terpakai menjadi selimut. Dengan cara ini, kamu dapat memberikan selimut buatan tangan untuk anakmu menggunakan pakaian yang mereka kenakan saat masih bayi.

Ini adalah siklus yang terus mewariskan pakaian bayi dari generasi ke generasi, dan kamu dapat menggunakan semua jenis pakaian dan pakaian lain untuk membuat selimut.


2. Bando atau ikat kepala

Jadikan pakaian gadis kecilmu saat bayi dengan mengubahnya menjadi ikat kepala atau bando. Semua gadis kecil menyukai ikat kepala yang cantik dan ini adalah cara yang bagus untuk mempertahankan beberapa pakaian kecil favorit itu.

Membuat bando dari pakaian bayimu tidaklah sulit, kamu tinggal memotong karet pinggang dari celana mungilnya lalu menghiasi dengan bunga mawar atau pita yang kamu buat dari bahan sisa.

Ikat kepala elastis sangat lucu tetapi harganya mahal. Dengan cara ini, kamu mendapatkan kelucuan tanpa menghabiskan banyak uang untuk ikat kepala.

3. Boneka binatang

Beberapa jahitan sudah cukup untuk mengubah pakaian bayi lama menjadi boneka binatang. Mungkin, ini adalah metode paling umum untuk menggunakan kembali pakaian bayi yang lama.

Ini akan menjadi mainan tersayang si kecil jika kamu sedikit memerhatikan dalam memahami dasar-dasar prosedur. Ini adalah salah satu cara praktis menggunakan baju bayi bekas.

4. Buku kain

Ini mungkin terdengar aneh bagi mereka yang tidak pernah memikirkan kemungkinan seperti itu. Tapi, ada baiknya mencoba membuat buku dengan gambar yang dicetak di baju bayi lama.

Kamu bisa memberikannya kepada bayi tanpa takut balitamu akan merobeknya. Lain kali, belilah pakaian dengan gambar-gambar menarik agar bisa dipakai kembali di lain waktu.

5. Proyek kerajinan

Pakaian bayi lama dapat digunakan dalam berbagai proyek kerajinan tangan. Kamu dapat mengambil kancing pakaian bayi lamamu dan membuat hiasan dinding atau kamu dapat membingkai gaun kecil utuh dalam bingkai.

Kamu juga bisa menggunakan potongan pakaian untuk membuat kolase. Ini akan menjadi salah satu ide paling kreatif untuk menggunakan pakaian bayi lama.

6. Dekorasi rumah

Kain pakaian bayi yang lembut dan berwarna terang adalah pilihan yang sangat baik untuk membuat dekorasi rumah.

Kamu bisa membuat bunga kain dan meletakkannya di vas yang indah. Kamu juga bisa menggabungkan bahan lain saat menggunakan kain dari pakaian bayi untuk mendekorasi rumahmu.

7. Kumpulan permainan otak

Potong kain menjadi ukuran dan bentuk yang berbeda. Kamu dapat menggunakan potongan-potongan ini untuk mengajari balitamu konsep warna dan bentuk.


Kamu dapat membuat papan dengan bagian yang diarsir dengan ukuran dan bentuk potongan yang sama dan mengajari balitamu untuk mencampur dan mencocokkan.

8. Bantal

Jika kamu ingin menambahkan bantal ekstra ke kamar balitamu, pertimbangkan untuk menggunakan kembali pakaian bayi lama mereka. Potong bagian lengan dan leher.

Isi dengan kapas dan jahit dalam bentuk yang diinginkan. Ini akan menambah pesona ekstra pada kamar balitamu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/10/192300876/8-proyek-daur-ulang-pakaian-bayi-yang-sudah-tak-terpakai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke