Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hilangkan Noda di Teko Teh dengan Cara Mudah Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Teko teh merupakan benda yang sering digunakan selain penggorengan dan panci.

Sama halnya dengan perlengakapan dapur lainnya, teko teh juga harus dibersihkan agar tidak meninggalkan bau atau noda saat digunakan kembali. 

Teko teh digunakan bersamaan dengan berbagai campuran seperti gula, madu, dan sebagainya. Tentu saja komponen yang terpenting adalah air dan teh.

Dilansir dari In The Kitchen, Selasa (29/12/2020), air terutama air keran itu keras dan diketahui mengandung mineral yang cukup tinggi sehingga akan meninggalkan endapan dan noda dalam teko teh.

Lantas, bagaimana cara membersihkan noda tersebut? Simak penjelasannya berikut.

1. Bersihkan bagian dalam teko dengan air jeruk nipis

Untuk membersihkan bagian dalamnya dari noda, Anda perlu menambahkan 1 cangkir jus ke teko Anda. Setelah selesai, isi sisanya dengan air biasa.

Biarkan campuran khusus ini semalaman. Ketika sudah semalaman, noda akan terangkat. Jika tidak ingin menunggu selama ini, Anda bisa merebus campuran di dalam ketel selama sekitar 10 menit dan efeknya kurang lebih sama.

2. Membersihkan dengan cuka

Cuka adalah bahan lain yang sangat berguna yang biasanya dapat Anda temukan di setiap rumah dan dapat digunakan untuk membersihkan endapan mineral serta noda teh. Cuka putih sudah cukup.

Isi teko dengan campuran yang terbuat dari cuka dan air. Anda harus menggunakan cairan dengan jumlah yang sama.

Setelah Anda selesai, rebus cuka yang sudah diencerkan dan setelah itu biarkan campuran yang sudah panas tetap berada di dalam teko Anda. Ini akan memakan waktu sekitar satu jam. Setelah selesai, buang campurannya.


3. Bersihkan residu pembersih

Setelah menggunakan berbagai langkah tersebut, teko teh akan lebih bersih daripada sebelumnya, namun yang harus diperhatikan adalah bekas dari semua bahan tersebut. Pastikan ketika menyeduh teh, rasa lemon dan cuka tidak tertinggal.

Untuk membersihkannya, Anda harus mengisi teko teh dengan air dan pastikan untuk merebusnya dengan sempurna. Setelah ini, buang airnya dan ulangi prosesnya sebanyak yang diperlukan.

4. Bersihkan bagian luar teko dengan baking soda

Sementara itu, ketika teko dipanaskan di atas kompor, terkadang akan meninggalkan noda gosong. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan sarung tangan, cuka, deterjen pencuci piring, handuk atau kain lap, sikat gosok atau spons kasar, dan soda kue atau baking soda.

Sebelum membersihkan, gunakan sarung tangan agar tangan tidak terluka. Selanjutnya, rendam teko dalam air panas dengan beberapa tetes deterjen atau sabun pencuci piring selama 20 hingga dua jam.

Setelahnya, rendam teko serta taburi dengan suda kue dan gunakan spons basah dan sikat dengan beberapa tetes sabun cuci piring.

Jika residu masih tersisa, Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut sampai terlepas atau coba tutupi permukaan dengan soda kue dan tuangkan cuka ke atasnya.

Kemudian tunggu sementara reaksi kimia pelawan noda ini terjadi, lalu seka dengan spons sabun untuk menghilangkan noda di bawahnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/29/084200476/hilangkan-noda-di-teko-teh-dengan-cara-mudah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke