Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mesin Cuci Berbau Tak Sedap? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkan merasa mesin cuci di rumah mengeluarkan bau kurang sedap? Bau ini biasanya disebabkan oleh jamur. 

Akan tetapi, bila mesin cuci mengeluarkan bau tak sedap seperti bau bangkai, kemungkinan ini disebabkan oleh gas hidrogen sulfida. Ini adalah komponen utama gas saluran pembuangan, dan merupakan produk sampingan dari metabolisme bakteri.

Dilansir dari Hunker, Jumat (27/11/2020), berikut ini penjelasan mengenai penyebab mesin cuci bau dan cara membersihkannya. 

Penyebab mesin cuci bau tak sedap

Biasanya mudah untuk membedakan masalah saluran pembuangan dengan masalah pada mesin cuci itu sendiri. Lepaskan selang mesin cuci dan hirup bau pipa pembuangan, dan Anda akan mendapatkan jawabannya.

Jika saluran pembuangan bau, Anda mungkin mengalami masalah ventilasi yang menyebabkan air tersedot keluar dari perangkap. 

Mungkin juga pipa yang tegak itu sendiri menyediakan rumah bagi bakteri penyebab bau.

Anda dapat membersihkannya dengan menuangkan setengah cangkir soda kue ke dalam pipa tegak dan dilanjutkan dengan setengah cangkir cuka. Campuran tersebut menciptakan busa desinfektan yang membunuh bakteri.

Jika bau tidak keluar dari saluran pembuangan, berarti ada bakteri di mesin cuci. Salah satu alasan utama hal ini terjadi adalah jika biasanya mencuci pakaian pada suhu rendah.

Anda juga bisa menggunakan jenis deterjen yang salah atau jumlahnya salah. Mesin cuci bukaan depan sangat rentan terhadap tumpukan buih sabun, jadi jika mesin cuci bukaan depan Anda berbau seperti kotoran, alihkan ke deterjen berefisiensi tinggi.

Penyebab lain adalah Anda membiarkan pintu atau tutupnya tertutup saat Anda tidak menggunakan mesin cuci.

Bakteri berkembang biak di lingkungan yang lembab dan membuat mesin cuci bau. Mereka akan mati jika Anda membiarkan pintu terbuka.


Cara membersihkan mesin cuci yang bau

Berikiut ini cara membersihkan mesin cuci dengan benar agak bau tidak sedap segera hilang. 

  1. Bersihkan sisa-sisa sabun yang menumpuk di karet pelapis di sekitar pintu atau tutup mesin cuci dengan menggunakan kain lap.
  2. Agar pembersihan lebih efektif, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih kamar mandi yang mengandung pemutih. Anda juga bisa mencelupkan kain ke dalam larutan pemutih dan air dengan perbandingan 1:10 atau larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. 
  3. Isi dispenser deterjen dengan cairan pemutih dan jalankan mesin cuci yang kosong dengan siklus pembersihan atau pencucian. 
  4. Jika Anda sensitif terhadap pemutih, gunakan baking soda dan cuka. Mulailah siklus pembersihan dan tuangkan setengah cangkir soda kue dan 2 cangkir cuka puti saat tabubg mesin cuci setengah penuh.
  5. Biarkan pintu atau penutup mesin cuci terbuka semalaman setelah siklus pembersihan selesai. Pastikan bagian dalam mesin cuci benar-benar kering sebelum Anda melakukan pencucian berikutnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/27/073500976/mesin-cuci-berbau-tak-sedap-ini-penyebab-dan-cara-membersihkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke