Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Resolusi Gencatan Senjata Gaza Tanpa Batas Waktu yang Diusulkan Perancis

Kompas.com - 02/04/2024, 11:52 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Arab News

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Perancis akan memperkenalkan rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang diklaim komprehensif terkait gencatan senjata permanen di Gaza.

Nicolas de Riviere, perwakilan tetap Perancis untuk PBB, mengatakan kepada wartawan di New York bahwa rancangan baru tersebut membahas hal-hal yang paling mendesak. 

Rancangan tersebut menyerukan gencatan senjata segera di Gaza tanpa batasan waktu, juga menuntut pembebasan semua sandera dengan segera dan tanpa syarat.

Baca juga: Sejumlah Pekerja Bantuan Asing Tewas Saat Antar Makanan di Gaza akibat Serangan Israel

"Rancangan ini mengutuk serangan Hamas yang terjadi pada tanggal 7 Oktober, dan menuntut akses kemanusiaan yang segera dan penuh," ujarnya, seperti dilansir dari Arab News.

Rancangan tersebut juga menyerukan gencatan senjata segera yang menjamin perlindungan warga sipil dan personil kemanusiaan serta pengiriman besar-besaran bantuan kemanusiaan kepada penduduk sipil Gaza.

Sekretaris Jenderal PBB juga diminta mengembangkan opsi-opsi bagi peran PBB untuk memantau gencatan senjata di Gaza.

Tak hanya itu, Perancis juga menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas dan kelompok-kelompok lainnya, serta memastikan perlakuan yang manusiawi dan dibukanya akses kemanusiaan terhadap para sandera.

Kekerasan seksual, termasuk pemerkosaan yang digunakan sebagai senjata perang, yang dilakukan Hamas dan kelompok lainnya, turut dikutuk dan diminta pertanggungjawaban.

Perancis juga menuntut akses kemanusiaan yang segera, penuh, aman dan tanpa hambatan kepada penduduk sipil di seluruh Gaza, yang menghadapi tingkat kerawanan pangan akut yang kian mengkhawatirkan.

Baca juga: Israel Tarik Pasukan dari RS Al-Shifa Gaza, Puluhan Mayat Ditemukan...

Resolusi ini juga meminta pembukaan semua titik penyeberangan ke dan di dalam daerah kantong Palestina serta pembukaan pelabuhan Ashdod di Israel dan jalur darat dari Yordania ke Gaza.

Rekonstruksi, pemulihan, dan tata kelola Gaza, lewat solusi berkelanjutan juga turut dibahas, dengan menekankan pentingnya pembentukan kembali kontrol yang efektif atas Jalur Gaza oleh Otoritas Palestina dan memastikan kedekatan dengan Yerusalem dan Tepi Barat.

Baca juga: 4 Tewas, 17 Orang Terluka akibat Serangan Israel di RS Gaza

De Riviera juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk mendukung otoritas Palestina karena secara progresif memikul tanggung jawabnya di Jalur Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com