Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilang Minyak Rusia Terbakar Lagi, Rusia Tuduh Drone Ukraina Dalangnya

Kompas.com - 17/03/2024, 12:09 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SLAVYANSK, KOMPAS.com - Rusia pada Minggu (17/3/2024) pagi menuduh drone Ukraina sebagai penyebab kebakaran di kilang minyak Slavyansk.

“Api di kilang minyak Slavyansk kini telah padam sepenuhnya. Berdasarkan informasi awal, satu orang tewas saat serangan drone terjadi, penyebab awal kematiannya adalah serangan jantung,” kata markas operasional wilayah Krasnodar, lokasi kilang itu berada, di aplikasi perpesanan Telegram.

“Tidak ada korban jiwa secara langsung dari kebakaran tersebut, juga tidak ada ancaman terhadap permukiman,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Ukraina Dituduh Sabotase Pilpres Rusia yang Hampir Pasti Menangkan Putin

Kepala Distrik Kota Slavyansk yaitu Roman Sinyagovsky mengatakan di Telegram, seorang pekerja pabrik terluka dan menyalahkan Ukraina atas serangan tersebut.

Kilang minyak Slavyansk-on-Kuban terletak di wilayah Krasnodar, sebelah timur Laut Azov.

Pekan ini, serangan drone terhadap sejumlah kilang dan lokasi energi di Rusia meningkat menjelang pemilihan presiden yang diprediksi akan kembali dimenangi oleh Presiden Vladimir Putin.

Baca juga:

Kebakaran sempat terjadi di kilang minyak Samara, sekitar 1.000 kilometer dari perbatasan Ukraina, setelah serangan drone pada Sabtu (16/3/2024).

Kilang minyak di Ryazan juga diserang pada Rabu (13/3/2024) dan menimbulkan korban jiwa, sedangkan kilang lainnya menjadi sasaran di luar kota Nizhny Novgorod pada Selasa (12/3/2024).

Adapun dua orang tewas setelah serangan drone di Kota Belgorod, Rusia, pada Sabtu (16/3/2024).

Baca juga: Paus Fransiskus: Rusia Harus Hentikan Agresinya Terlebih Dahulu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com