Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Gaza Tewaskan Lebih Banyak Anak daripada 4 Tahun Konflik di Seluruh Dunia

Kompas.com - 13/03/2024, 05:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Kepala Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini, mengatakan bahwa lebih banyak anak dilaporkan terbunuh dalam perang Gaza dibandingkan dengan empat tahun konflik di seluruh dunia.

"Mengejutkan. Jumlah anak yang dilaporkan terbunuh hanya dalam waktu 4 bulan di #Gaza lebih banyak dari jumlah anak yang terbunuh dalam 4 tahun perang di seluruh dunia jika digabungkan," kata Philippe Lazzarini di media sosial pada Selasa (12/3/2024).

Unggahannya merujuk pada angka Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menunjukkan bahwa 12.193 anak telah terbunuh dalam konflik di seluruh dunia antara tahun 2019 dan 2022.

Baca juga: 2.000 Petugas Kesehatan di Gaza Utara Kesulitan Peroleh Makanan untuk Sahur

Ia membandingkannya dengan laporan dari Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikelola Hamas yang menunjukkan bahwa lebih dari 12.300 anak tewas di wilayah Palestina antara Oktober lalu dan akhir Februari.

"Perang ini adalah perang terhadap anak-anak. Ini adalah perang terhadap masa kecil dan masa depan mereka," kata Lazzarini, sebagaimana dikutip AFP.

Perang Gaza ini dimulai dengan serangan Hamas pada 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut Israel, serbuan Hamas itu mengakibatkan sekitar 1.160 orang tewas, sebagian besar warga sipil.

Pasukan Hamas juga dilaporkan menyandera sekitar 250 sandera, puluhan di antaranya dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu di bulan November.

Israel meyakini bahwa sekitar 130 tawanan masih berada di Gaza, termasuk 32 orang yang diduga tewas.

Sementara itu, pengeboman dan serangan darat Israel telah menewaskan 31.184 warga Palestina di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan wilayah tersebut.

Baca juga: UPDATE Perang Gaza: Qatar Sebut Israel-Hamas Belum Capai Kesepakatan Gencatan Senjata

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com