Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Sang Suami Wafat 32 Tahun Lalu, Nenek Ini Batasi Bicara 1 Jam Sehari, Apa Tujuannya?

Kompas.com - 15/01/2024, 15:23 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang perempuan di India telah lebih dari 30 tahun membatasi bicara maksimal hanya sejam sehari.

Perempuan 85 tahun itu bernama Saraswati Devi, yang dikenal juga sebagai "Mauni Mata"

Ia melakukan itu karena telah berkomitmen untuk melakukan "maun vrat", yakni sumpah untuk tidak berbicara.

Baca juga: Mimpi Akan Dapat Emas, Pria Ini Gali Lubang 40 Meter di Dapur, Apa Hasilnya?

Saraswati memulai sumpah itu pada 1992.

Ia mengabdikan hidupnya untuk Dewa Ram setelah kematian suaminya pada 1986 dan telah menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berziarah sejak saat itu.

Pada 1992, Saraswati tiba di Ayodhya, di mana ia bertemu dengan Mahant Nritya Gopal Das, pemimpin Ram Janmabhoomi Trust, yang memerintahkannya untuk mengelilingi Gunung Kamtanath sebagai tanda pengabdiannya kepada Dewa Ram.

Pada 6 Desember 1992, pada hari yang sama ketika Masjid Babri dihancurkan di Ayodhya, Saraswati bertemu dengan Swami Nritya Gopal Das, pemimpin dari kuil terbesar di Ayodhya, Mani Ram Das Ki Chavani.

Nah, dia sangat terinspirasi oleh sosok Mani Ram Das Ki Chavani sehingga ia bersumpah untuk menahan diri untuk tidak berbicara hingga kuil baru yang didedikasikan untuk Ram dibangun di kota tersebut.

Sumpahnya akhirnya akan berakhir pada akhir bulan Januari, dengan peresmian kuil Ram Mandir di Ayodhya.

"Setelah pembongkaran Masjid Babri, ibu mertua saya mengunjungi Ayodhya dan mengambil sumpah 'maun vrat' hingga Ram Mandir dibangun," kata salah satu menantu perempuan Mauni Mata.

Baca juga: Mahasiswi Ini Rela Bayar Rp 99 Juta Per Bulan untuk Sewa Apartemen

"Ia biasa berdiam diri selama 23 jam sehari, hanya beristirahat selama satu jam di siang hari. Selebihnya, dia berkomunikasi dengan kami melalui pena dan kertas. Sebagian besar, kami mengerti bahasa isyaratnya. Namun, ia biasa menuliskan kalimat-kalimat yang rumit di selembar kertas," tambahnya, sebagaimana diberitakan Oddity Central pada Jumat (12/1/2024).

Satu jam yang Saraswati gunakan untuk berbicara setiap hari masih sangat membantu keluarga ini.

Nyatanya, pada 2020, ketika Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi mengumumkan pembangunan Ram Mandir, nenak ini berhenti berbicara sama sekali.

Saraswati Devi telah mengunjungi kuil-kuil Hindu yang paling terkemuka di India selama 32 tahun terakhir ini dengan tetap mempertahankan sumpahnya untuk tidak berbicara.

Sementara, pengabdiannya pada Dewa Ram telah mencapai status yang hampir melegenda.

Pada 22 Januari mendatang, ketika Ram Mandir akan diresmikan, ia akan mengakhiri 'maun vrat'-nya dengan mengucapkan kata pertamanya selama lebih dari 3 tahun, yaitu "Ram Naam".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com