Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentagon: Tak Ada Bukti Langsung Iran Terlibat Serangan Hamas ke Israel

Kompas.com - 11/10/2023, 11:51 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin pada Selasa (10/10/2023) mengatakan, AS tidak memiliki bukti keterlibatan langsung Iran dalam serangan besar Hamas ke Israel.

Kepala Pentagon itu menyebutkan, Iran memang sudah mendukung Hamas selama bertahun-tahun.

“Tetapi dalam kasus khusus ini, kami tidak memiliki bukti apa pun bahwa ada keterlibatan langsung dalam perencanaan atau pelaksanaan serangan ini,” kata Austin kepada wartawan di atas pesawat militer AS, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Benarkah Iran Ada di Balik Serangan Hamas ke Israel?

Penilaian tersebut juga didukung Departemen Luar Negeri AS.

“Pengalaman kami dalam masalah ini menunjukkan masih terlalu dini menarik kesimpulan akhir mengenai masalah ini,” kata juru bicara Deplu AS Matthew Miller kepada wartawan.

“Kami akan melihat informasi tambahan intelijen dalam beberapa minggu dan hari mendatang untuk menginformasi pemikiran kami mengenai masalah ini, termasuk apakah ada beberapa orang di sistem Iran yang memiliki pemahaman lebih jelas tentang apa yang akan terjadi atau bahkan berkontribusi pada aspek-aspek perencanaan konflik,” tambahnya.

Baca juga:

Austin mengatakan, Israel bekerja keras dan dapat sedikit menstabilkan keadaan setelah serangan awal, dengan mengamankan kembali ujung selatan negara yang telah ditembus Hamas.

“Fokus saya adalah memastikan kami melakukan semua yang kami bisa secepat yang kami bisa untuk mendukung Israel dalam mempertahankan wilayah kedaulatannya,” imbuh Austin.

AS telah mengirimkan kapal induk dan kapal perang lainnya ke Mediterania timur sebagai upaya mencegah perluasan konflik, dan memberikan bantuan lain termasuk berbagi informasi intelijen dengan Israel.

Baca juga: UPDATE Perang Hamas-Israel, 1.908 Orang Tewas, 7.928 Terluka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com