Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Israel Hantam Perbatasan Gaza-Mesir

Kompas.com - 10/10/2023, 20:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Serangan Israel mengenai perbatasan Rafah yang memisahkan Gaza dengan Mesir untuk kali kedua dalam 24 jam pada Selasa (10/10/2023).

Para saksi mata mengatakan, serangan itu menghantam tanah tak bertuan antara gerbang Mesir dan Palestina, serta merusak sebuah aula di sisi Palestina.

Saat dihubungi kantor berita AFP, militer Israel tidak mengonfirmasi atau menyangkal serangan apa pun di perbatasan tersebut saat ini.

Baca juga: Kenapa Iron Dome Israel Gagal Cegah Serangan Roket Hamas?

Kelompok HAM Sinai di Mesir mengatakan, serangan itu menyebabkan penutupan penyeberangan tetapi belum ada konfirmasi langsung dari kedua pihak.

Ini adalah serangan kedua sejak Israel membombardir Gaza sebagai balasan atas serangan mendadak Hamas di wilayah tersebut pada Sabtu (7/10/2023), yang menewaskan lebih dari 900 orang di Israel.

Serangan sebelumnya pada Senin (9/10/2023) sempat menghentikan jalur penyeberangan, kata sumber keamanan dan para saksi mata.

Sejauh ini belum ada komentar dari pihak berwenang Mesir.

Baca juga:

Israel telah mengumumkan pengepungan total terhadap Gaza, memutus pasokan makanan, air, dan listrik ke 2,3 juta penduduk wilayah tersebut.

PBB pada Selasa mengatakan, pengepungan tersebut melanggar hukum internasional dan meminta dibentuknya koridor kemanusiaan.

Perjalanan melalui penyeberangan Rafah dibatasi hanya untuk bantuan kemanusiaan dan sering kali memerlukan izin yang memakan waktu.

Adapun Mesir sudah sejak lama berperan sebagai perantara antara Hamas dan Israel.

Baca juga: Cara Hamas Lakukan Serangan Mendadak ke Israel yang Tak Diduga Siapa Pun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com