Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-576 Serangan Rusia ke Ukraina: Teror Energi Rusia Dimulai | Rudal Hantam Markas AL Rusia di Crimea

Kompas.com - 23/09/2023, 11:27 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-576 pada Jumat (22/9/2023).

Ini termasuk, Perdana Menteri (PM) Ukraina Denys Shmygal mengatakan, Rusia telah memulai kembali kampanye serangan udara sistemik terhadap infrastruktur energi Ukraina jelang musim dingin.

Sementara itu, Ukraina mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap markas besar Armada Laut Hitam Moskwa di semenanjung Crimea yang dicaplok Rusia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-575 Serangan Rusia ke Ukraina: Bombardir Pesawat Tak Berawak di Kilang Kremenchuk | Rusia Tembaki Kota Toretsk

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-576 yang dapat Anda simak:

Ukraina dituding luncurkan serangan terkoordinasi di Donbass

Gubernur Donbass yang dilantik Rusia, Denis Pushilin, pada Jumat menuding pasukan Ukraina telah melancarkan serangan terkoordinasi di beberapa desa di wilayah timur Donetsk dan melakukan penembakan besar-besaran terhadap kota Bakhmut.

Wilayah industri ini telah menderita akibat pertempuran terberat sejak serangan Rusia dan pertempuran di Bakhmut adalah konflik terpanjang dan paling berdarah dalam konflik tersebut.

“Selama 24 jam terakhir ke arah Krasnolimansk, musuh melakukan sejumlah tindakan dan melakukan pengintaian tempur ke beberapa arah sekaligus,” kata Denis Pushilin di media sosial, dikutip dari AFP.

Ukraina: kapal yang membawa biji-bijian meninggalkan pelabuhan menuju Mesir

Ukraina pada Jumat menyebut, sebuah kapal yang membawa biji-bijian telah meninggalkan pelabuhan Ukraina dan menuju ke Mesir. Ini menjadi perjalanan kedua sejak Rusia menerapkan kembali blokade Laut Hitam pada bulan Juli.

"Kapal Aroyat berbendera Palau meninggalkan Chornomorsk setelah memuat 17.600 ton biji-bijian," kata Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov di media sosial.

Ukraina sedang menguji rute laut baru yang menghindari perairan internasional dan mengikuti rute yang dikuasai oleh anggota NATO, Bulgaria, dan Rumania, menyusul penarikan diri Rusia dari perjanjian ekspor gandum yang didukung PBB.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-574 Serangan Rusia ke Ukraina: Janji Trump Ditagih | Permintaan Cabut Veto Rusia

Ukraina sebut teror energi Rusia telah dimulai jelang musim dingin

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal pada Jumat mengatakan, Rusia telah memulai kembali kampanye serangan udara sistemik terhadap infrastruktur energi Ukraina.

Namun, kata dia, pertahanan udara Ukraina lebih siap menghadapi serangan tersebut dibandingkan tahun lalu.

Selama musim dingin tahun lalu, pasukan Rusia melancarkan serangan berulang kali terhadap jaringan energi Ukraina yang menyebabkan jutaan orang tanpa listrik, pemanas, dan air untuk waktu yang lama.

“Kami memahami bahwa tahap teror energi di musim pemanasan ini telah dimulai,” kata Shmygal pada forum ekonomi di Kyiv, satu hari setelah pasukan Moskwa menembakkan lebih dari 40 rudal jelajah ke Ukraina.

Rusia memenjarakan aktivis karena Bucha

Rusia menjatuhkan hukuman penjara yang lama kepada seorang aktivis politik pada Jumat atas postingan media sosial yang mengkritik operasi militer Moskwa di Ukraina.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com