Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Jatuhkan 2 Drone Ukraina di Belgorod

Kompas.com - 11/09/2023, 17:09 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BELGOROD, KOMPAS.com - Rusia pada Senin (11/9/2023) menghancurkan dua drone Ukraina di wilayah perbatasan, tepatnya di Belgorod. Tak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, serangan ini melibatkan dua kendaraan udara tak berawak (UAV) dan terjadi sekitar pukul 01.20 waktu setempat.

“Sistem pertahanan udara yang bertugas menghancurkan dua UAV di wilayah Belgorod,” tulis Kemenhan Rusia di Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: 32 Drone Rusia Serang Ukraina, 25 Dijatuhkan

Gubernur wilayah Belgorod yaitu Vyacheslav Gladkov mengatakan, drone-drone tersebut ditembak jatuh di distrik Yakovlevsky, di utara dan barat Kota Belgorod.

"Tidak ada korban jiwa. Pecahan salah satu drone jatuh di jalan dekat bangunan tempat tinggal pribadi. Semua layanan darurat ada di lokasi," tulisnya di Telegram.

Sejak Ukraina melancarkan serangan balik pada awal Juni 2023, Rusia mengalami gelombang serangan drone dalam beberapa bulan terakhir yang secara sporadis merusak bangunan-bangunan termasuk di Moskwa.

Baca juga:

Sebelumnya pada Rabu (6/9/2023) malam, dua drone Ukraina dihancurkan di atas Rostov-on-Don di barat daya Rusia.

Kota tersebut merupakan pusat operasional utama militer Rusia dalam perang di Ukraina.

Salah satu drone dijatuhkan di pusat bersejarah kota pelabuhan itu, dekat markas besar militer.

Markas besar militer Rusia di Rostov sempat diduduki kelompok tentara bayaran Wagner yang dipimpin Yevgeny Prigozhin pada akhir Juni 2023.

Prigozhin tewas bersama sembilan orang lainnya dalam kecelakaan pesawat yang jatuh saat terbang dari Moskwa ke Saint Petersburg pada Agustus 2023.

Baca juga: G20 Tak Singgung Rusia dalam Konsensus KTT tentang Perang di Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com