Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Rumah Sakit China Kembali Kewalahan Tangani Covid | Putri Hawaii Terakhir Meninggal Dunia

Kompas.com - 15/12/2022, 05:45 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Kabar soal Covid-19 China kembali menjadi sorotan kemarin setelah fasilitas kesehatan di negara itu dilaporkan kembali kewalahan menangani pasien terinfeksi.

Kondisi ini terjadi setelah “Negeri Tirai Bambu” mencabut sebagian besar pembatasan ketat nol Covid yang semua diterapkan pemerintahnya, menanggapi maraknya demonstrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Selain itu dari kepulauan di Samudera Pasifik, perhatian tertuju pada "putri Hawaii terakhir," Abigail Kawananakoa, yang dilaporkan meninggal dunia pada usia 96 tahun akhir pekan lalu.

Berikut kami rangkuman berita internasional terpopuler lainnya dari kanal Global Kompas.com edisi Rabu (14/12/2022) dan Kamis (15/12/2022).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Indonesia Paling Terpengaruh China Ke-16 | Skandal Kripto FTX

1. Rumah Sakit China Kewalahan, Kekurangan Tenaga Medis Paksa yang Terinfeksi Tetap Masuk

Rumah sakit China sudah berada di bawah tekanan yang sangat besar, menyusul pergeseran 180 derajat yang cepat di negara itu dari kebijakan nol-Covid.

Dokter dan perawat menularkan infeksi ke pasien, karena kekurangan staf tampaknya membuat pekerja medis di garis depan tetap diminta masuk meskipun mereka sendiri terkena virus.

Seorang profesor China yang berspesialisasi dalam kebijakan kesehatan telah memantau krisis di negara asalnya dari Universitas Yale di Amerika Serikat (AS).

Chen Xi mengatakan kepada BBC bahwa dia telah berbicara dengan direktur rumah sakit dan staf medis lainnya di China tentang tekanan besar pada sistem saat ini. Baca selengkapnya di sini.

2. Abigail Kawananakoa, “Putri Hawaii Terakhir” Meninggal Dunia Tinggalkan Rp 3,3 Triliun Harta Kerajaan

Abigail Kawananakoa, yang disebut "putri Hawaii terakhir," meninggal dunia pada usia 96 tahun akhir pekan lalu.

Bangsawan ini merupakan salah satu keturunan terakhir yang masih hidup dari keluarga kerajaan Hawaii, dan lebih dikenal oleh teman-temannya sebagai Kekau.

Ahli waris itu meninggal dengan damai di rumahnya di Honolulu pada Minggu (11/12/2022) di samping pasangannya, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Istana Iolani, rumah bersejarah keluarga kerajaan dan satu-satunya kediaman kerajaan di Amerika. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Letusan Gunung Mauna Loa, Perayaan Spiritual bagi Warga Hawaii

3. Selandia Baru Sahkan UU Larang Kaum Muda Beli Rokok Seumur Hidup

Selandia Baru pada Selasa (13/12/2022) mengesahkan sebuah rencana unik menjadi undang-undang (UU) untuk menghentikan kebiasaan merokok tembakau dengan memberlakukan larangan seumur hidup pada kaum muda membeli rokok.

Undang-undang menyatakan bahwa tembakau tidak boleh dijual kepada siapa pun yang lahir pada atau setelah 1 Januari 2009.

Artinya, usia minimum untuk membeli rokok di Selandia akan terus naik. Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Anak dalam Koper di Selandia Baru: Ibu Korban Jadi Tersangka

4. Zelensky: Wilayah Ukraina Seluas Kamboja Kini Terkontaminasi Ranjau

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (14/12/2022) menyerukan bantuan jangka panjang untuk membersihkan negaranya dari ranjau dan persenjataan lain yang belum meledak.

Dia menyebut wilayah Ukraina yang terkontaminasi ranjau dan persenjataan lain yang belum meledak sekarang mencapai seluas Kamboja.

Zelensky berkata demikian dalam pidato video ke parlemen Selandia Baru. Baca selengkapnya di sini.
Baca juga: Krisis Energi akibat Digempur Rusia, Ukraina Minta 50 Juta Lampu LED

5. Pasukan Ukraina Ledakkan Jembatan Utama di Dekat Melitopol, Persiapan Serangan Balik Baru?

Pasukan Ukraina dilaporkan telah merusak jembatan utama di dekat Melitopol yang diduduki, diperkirakan akan mengganggu jalur suplai pasukan Rusia.

Penghancuran itu dilakukan dalam serangan semalam ke penyeberangan di atas Sungai Molochna terletak di antara Kota Melitopol dan desa Kostyantynivka, tepat di sebelah timur kota di jalan raya M14.

Video yang diunggah online menunjukkan dua penyangga jembatan rusak, dengan bentang jembatan sebagian runtuh akibat ledakan. Baca selengkapnya di sini.

 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com