Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Langka Gelombang Ombak Awan Tertangkap Kamera di Langit Wyoming

Kompas.com - 10/12/2022, 14:46 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber BBC

SHERIDAN, KOMPAS.com - Foto formasi awan langka seperti gelombang ombak laut yang menabrak cakrawala terekam dari lensa seorang pengamat langit yang terpana di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat (AS).

"Ini istimewa dan saya langsung tahu saya perlu mengabadikannya," kata Rachel Gordon setempat sebagaimana dilansir BBC pada Jumat (9/12/2022).

Fenomena awan bergelombang terlihat pada Selasa (8/12/2022) di atas puncak Pegunungan Bighorn dari Kota Sheridan.

Baca juga: Foto Langit dengan Formasi Awan Seperti Gelombang Laut Viral, Pemotret Ceritakan Pengalamannya

Dikenal sebagai fenomena awan Kelvin-Helmholtz, formasi gelombang ombak awan itu terbentuk ketika aliran udara yang lebih cepat bergerak di atas udara yang naik di bawah.

"Itu adalah momen yang menakjubkan," kata Gordon, yang mengatakan kepada BBC News bahwa dia mengambil gambar dari pintu belakang rumah orang tuanya sebelum mengunggah fotonya ke halaman Facebook Wyoming melalui The Lens.

"Aku senang orang lain bisa menikmati pengalaman itu sekarang juga."

Matt Taylor dari BBC Weather mengatakan gambar-gambar itu adalah salah satu contoh awan Kelvin-Helmholtz paling menakjubkan dan epik yang pernah dilihatnya.

"Bagian dari keindahan awan fenomena Kelvin-Helmholtz adalah bahwa mereka benar-benar memperlihatkan fluiditas atmosfer," katanya.

Baca juga: Pilot di Australia Dituduh Menyemai Awan, Sebabkan Hujan dan Memicu Banjir

"Seperti ombak di lautan, atmosfer bergerak dan merespons lingkungan di sekitarnya. Udara secara efektif naik dan turun dengan sendirinya."

Formasi awan ini dinamai oleh ilmuwan Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz, yang mempelajari fisika di balik fenomena tersebut.

Cloud Appreciation Society yang berbasis di Inggris menggambarkan formasi seperti itu sebagai mahkota permata dalam banyak koleksi pengadu awan.

Juga dikenal sebagai awan fluctus, mereka disebut-sebut sebagai inspirasi yang mungkin untuk lukisan Van Gogh Starry Night.

Baca juga: Awan Debu Besar Panas Berpotensi Hantam AS Sepanjang Musim Panas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com