Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Kondang Hollywood Berikan Piala Oscar ke Zelensky, Simbol Keyakinan Kyiv Menang Perang

Kompas.com - 09/11/2022, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Aktor kondang Hollywood, Sean Penn, memberikan salah satu Piala Oscar miliknya kepada Presiden Ukraina Volodymr Zelensky saat dia mengunjungi Kyiv.

Kehadiran Piala Oscar yang ditinggal di Kyiv tersebut diharapkan dapat menjadi “simbol keyakinan” bahwa Ukraina akan menang dalam perangnya melawan Rusia.

Penn mendapatkan dua Piala Oscar sebagai aktor terbaik masing-masing pada 2004 dan 2009, sebagaimana dilansir The Independent.

Baca juga: Ukraina Sebut Zelensky Akan Ambil Bagian dalam KTT G20

Selama pertemuannya dengan Zelensky, Penn menerima penghargaan Order of Merit III yang diberikan sang presiden karena kontribusinya membela Ukraina dalam perang.

Penn juga merasa terhormat setelah namanya diukir di atas batu di Walk of the Brave. Kawasan tersebut berisi nama “orang-orang pemberani yang membersamai Ukraina sejak awal”.

Nama Penn akan bersanding dengan banyak pemimpin dunia yang diukir di Walk of the Brave yang dianggap telah membantu Ukraina sejak perang pecah.

“Aktor dan sutradara film Amerika Sean Penn @seanpenn datang ke Ukraina untuk ketiga kalinya selama perang skala penuh,” tulis Zelensky di Instagram.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-258 Serangan Rusia ke Ukraina: Korea Utara Bantah Pasok Senjata ke Rusia, Putin Beri Penghargaan Pendeta Mikhail Vasilyev

“Kali ini pertemuan kami spesial. Sean membawa patung Oscar-nya sebagai simbol keyakinan akan kemenangan negara kami. Itu akan berada di Ukraina sampai akhir perang,” sambung Zelensky.

“Dengan senang hati saya mempersembahkan kepada Sean Penn Order of Merit III. Terima kasih atas dukungan yang tulus dan kontribusi yang signifikan untuk menyerukan Ukraina di dunia,” imbuh Zelensky.

Penn berada di Ukraina saat mengerjakan sebuah film dokumenter ketika Rusia menginvasi negara tersebut.

Penn kemudian termasuk di antara mereka yang melarikan diri dari Ukraina, melintasi perbatasan ke Polandia.

Baca juga: Perang di Ukraina Berlanjut, Pejabat AS Mengaku Komunikasi dengan Rusia Jalan Terus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com