Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat China yang Terbelit Tuduhan Pelecehan Seksual Bintang Tenis Peng Shuai Akhirnya Muncul

Kompas.com - 16/10/2022, 18:16 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

 

BEIJING, KOMPAS.com - Mantan Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli tampil di depan umum untuk pertama kalinya pada Minggu (16/10/2022) pasca tuduhan pelecehan seksual yang dilayangkan kepadanya oleh bintang tenis China Peng Shuai tahun lalu.

Zhang, 75 tahun, terlihat saat menghadiri Kongres Partai Komunis ke-20 menurut laporan Reuters.

Dia berjalan di atas panggung di Aula Besar Rakyat di Beijing di belakang Presiden Xi Jinping dan para pensiunan lainnya dan para pemimpin saat ini, dan duduk di barisan depan podium untuk pembukaan pertemuan dua kali satu dekade.

Baca juga: Di Olimpiade Beijing, Peng Shuai Kembali Bantah Buat Tuduhan Pelecehan Seksual

Sejak tuduhan atasnya, politisi senior China itu tidak memberikan komentar publik atas tuduhan itu.

Peng membuat tuduhannya di media sosial pada November 2021 dalam sebuah unggahan yang segera dihapus dari internet China. Dia kemudian membantah telah membuat tuduhan itu.

Unggahannya membuat Asosiasi Tenis Wanita menangguhkan turnamen di China dan menimbulkan kecaman internasional atas keselamatannya.

Zhang termasuk di antara sejumlah tokoh senior, termasuk pendahulu langsung Xi, Hu Jintao, yang bergabung dengan sekretaris jenderal partai di atas panggung dalam pertunjukan tradisional persatuan pada pembukaan pertemuan yang berlangsung selama seminggu.

Zhang Gaoli saat menjabat sebagai wakil perdana menteri China, dalam pertemuan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 16 Maret 2016. Petenis China Peng Shuai menuduh Zhang Gaoli pernah memaksanya berhubungan seks ketika menjalin hubungan putus-nyambung.AP PHOTO/NG HAN GUAN Zhang Gaoli saat menjabat sebagai wakil perdana menteri China, dalam pertemuan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China, 16 Maret 2016. Petenis China Peng Shuai menuduh Zhang Gaoli pernah memaksanya berhubungan seks ketika menjalin hubungan putus-nyambung.

Baca juga: Bintang Tenis China Peng Shuai Kini Bantah Pernah Buat Tuduhan Penyerangan Seksual

Baca juga: Profil Zhang Gaoli, Eks Wakil PM China yang Dituduh Paksa Petenis Peng Shuai Berhubungan Seks

Kongres Partai Komunis China tahun ini diharapkan memperbarui kepemimpinan Xi untuk masa jabatan ketiga, memperkuat posisinya sebagai penguasa terkuat China sejak Mao Zedong.

Hu, 79 tahun, sedikit lemah tetapi tampak sehat, dan segera mengikuti di belakang Xi ke atas panggung dan duduk di sebelah Xi.

Wen Jiabao, yang mendahului Perdana Menteri Li Keqiang di pemerintahan, juga hadir.

Namun, Jiang Zemin, yang berusia 96 tahun dan pendahulu Hu, tidak muncul.

Pensiunan pemimpin China lainnya di mimbar termasuk mantan anggota lain dari Komite Tetap elit partai, yang memerintah China, termasuk Jia Qinglin dan Zeng Qinghong.

Sebelum Xi membuka kongres dengan pidato hampir dua jam, para delegasi menundukkan kepala mereka untuk mengheningkan cipta sejenak untuk para pemimpin yang telah meninggal termasuk Mao, pendiri Republik Rakyat China, dan reformis Deng Xiaoping.

Putra sulung Deng yang menggunakan kursi roda, Deng Pufang juga ada di sana, duduk di barisan belakang di panggung utama.

Dia lumpuh dari pinggang ke bawah setelah jatuh secara misterius dari sebuah gedung Universitas Peking pada 1968 di puncak gejolak Revolusi Kebudayaan yang dipelopori Mao.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com