Negara-negara Baltik Resmi Tutup Perbatasan untuk Warga Rusia Imbas Perang di Ukraina

Kompas.com - 20/09/2022, 19:03 WIB

WARSAW, KOMPAS.com - Negara-negara Baltik resmi menutup perbatasan untuk warga Rusia, sebagai tanggapan atas dukungan domestik yang luas di Rusia untuk perang di Ukraina.

Di bawah larangan perjalanan terkoordinasi, orang Rusia yang ingin bepergian ke Estonia, Latvia, dan Lithuania sebagai turis atau untuk tujuan bisnis, olahraga, atau budaya tidak akan diizinkan masuk.

Aturan itu berlaku bahkan untuk warga Rusia yang memegang visa yang valid untuk Area Schengen bebas-cek Uni Eropa.

Baca juga: Ukraina Sebut Rusia Lakukan Terorisme Nuklir Pasca-ledakan Dekat PLTN

Perdana menteri dari tiga negara Baltik dan Polandia sepakat awal bulan ini untuk berhenti menerima warga negara Rusia.

Mereka mengatakan langkah itu akan melindungi keamanan empat negara anggota Uni Eropa (UE).

“Rusia adalah negara yang tidak dapat diprediksi dan agresif. Tiga perempat warganya mendukung perang. Tidak dapat diterima bahwa orang-orang yang mendukung perang dapat dengan bebas bepergian ke seluruh dunia, ke Lituania, UE," kata Menteri Dalam Negeri Lituania Agne Bilotaite, pada Senin (19/9/2022) sebagaimana dilansir AP.

“Dukungan untuk permusuhan semacam itu dapat menimbulkan ancaman bagi keamanan negara kita dan UE secara keseluruhan,” tambahnya.

Larangan tersebut termasuk pengecualian untuk alasan kemanusiaan, anggota keluarga warga negara Uni Eropa, pembangkang Rusia, diplomat yang melayani, karyawan di sektor transportasi dan orang Rusia dengan izin tinggal atau visa nasional jangka panjang dari 26 negara Schengen.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-208 Serangan Rusia ke Ukraina: Temuan Ruang Penyiksaan | Kuburan Massal Izyum

Menteri Dalam Negeri Polandia Mariusz Kaminski, menandatangani peraturan pada Senin (19/9/2022), yang akan memberlakukan larangan terkait perang negara Eropa tengah terhadap pelancong Rusia pada 26 September.

Polandia, yang berbatasan dengan eksklave Kaliningrad Rusia, masih memiliki pembatasan ketat pada pengunjung asing akibat pengaturan yang tersisa dari pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.