Kompas.com - 20/09/2022, 18:01 WIB

HONG KONG, KOMPAS.com - Pemimpin Hong Kong mengatakan akan segera membuat keputusan untuk melonggarkan pembatasan Covid-19 Hong Kong secara lebih lanjut, karena penduduk dan bisnis mengecam aturan karantina yang telah membuat kota pusat keuangan terputus selama lebih dari dua tahun.

"Kami akan segera membuat keputusan dan mengumumkan kepada publik," kata kepala eksekutif John Lee kepada wartawan pada Selasa (20/9/2022) sebagaimana dilansir AFP.

"Kami ingin terhubung dengan berbagai tempat di dunia. Kami ingin membuka secara tertib," tambahnya.

Baca juga: Joe Biden Sebut Pandemi Covid-19 di AS Sudah Berakhir

Hong Kong telah mematuhi versi aturan ketat nol-Covid China selama pandemi, menghancurkan ekonomi dan mendorong migrasi ke luar kota ketika pusat bisnis saingan dibuka kembali.

Kota finansial ini masih mempertahankan aturan Covid seperti karantina hotel wajib untuk kedatangan internasional (saat ini untuk tiga hari), penggunaan masker yang meluas, batas operasi bisnis dan larangan lebih dari empat orang berkumpul di depan umum.

Lee, mantan kepala keamanan yang dilantik Beijing, menjabat pada Juli dan berjanji untuk membuka kembali kota sambil menjaga kasus tetap rendah.

Dia mengurangi karantina hotel dari tujuh menjadi tiga hari, tetapi kritik terhadapnya semakin meningkat dari penduduk, organisasi bisnis, dan pakar kesehatan, yang mengatakan dia harus melangkah lebih jauh.

Selama seminggu terakhir beberapa media Hong Kong telah melaporkan, mengutip sumber, bahwa pemerintah telah setuju untuk mencabut karantina.

Baca juga: 27 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Karantina Covid, Warga China Marah: Kenapa Dini Hari?

Lee tidak akan mengonfirmasi keputusan itu atau berkomitmen pada garis waktu yang tegas pada Selasa (2022/9/2022) sebagaimana dilansir AFP.

Namun komentarnya merupakan indikasi terkuat bahwa Hong Kong berencana untuk bergabung dengan sebagian besar dunia lainnya dalam menerima endemisitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.