Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Klaim Tembak Jatuh Drone Iran yang Dipakai Rusia

Kompas.com - 18/09/2022, 12:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Militer Ukraina mengatakan telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Iran yang baru-baru ini diperoleh Rusia , “dengan tingkat kemungkinan yang tinggi”.

Dilansir The Daily Beast, Rusia dikabarkan memakai drone Iran dalam upaya untuk menopang operasi militernya yang gagal di Ukraina.

Puing-puing pesawat tak berawak bunuh diri Shahed-136 ditemukan di dekat Kupiansk di wilayah Kharkiv, menurut Pusat Komunikasi Strategis militer, yang membagikan foto-foto puing-puing di Telegram.

Baca juga: Zelensky Tidak Merasa Perang Rusia-Ukraina Segera Berakhir

“Analisis penampilan elemen sayap drone memungkinkan kami untuk mengkonfirmasi bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina menghancurkan UAV Iran untuk pertama kalinya,” kata badan tersebut.

Pejabat intelijen AS mengatakan Rusia menerima pengiriman pertama drone buatan Iran pada pertengahan Agustus, meskipun Teheran telah membantah penjualan drone tersebut.

Drone, yang mampu melakukan serangan udara ke permukaan, peperangan elektronik, dan penargetan, dianggap sebagai cara bagi Rusia untuk bangkit di medan perang di tengah kekurangan pasokan besar dan menipisnya tenaga kerja.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-206 Serangan Rusia ke Ukraina: Janji Putin Akhiri Perang, 440 Mayat di Izyum

Pejabat AS mengatakan pengiriman pertama itu ditemukan mengalami "banyak kegagalan".

Hal ini membuat drone mereka kurang efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com