Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-206 Serangan Rusia ke Ukraina: Janji Putin Akhiri Perang, 440 Mayat di Izyum

Kompas.com - 18/09/2022, 07:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

IZYUM, KOMPAS.com - Pada hari ke-206 invasi Rusia ke Ukraina, Sabtu (17/9/2022), Presiden Vladimir Putin berjanji mengakhiri perang secepat mungkin.

Sementara itu, 440 mayat ditemukan di kuburan massal Izyum, kota yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina dari pendudukan Rusia.

Kemudian ada peringatan Presiden AS Joe Biden tentang penggunaan senjata nuklir oleh Rusia.

Baca juga: Sanksi Barat Bikin Produksi Senjata Canggih Rusia Pincang

Rangkuman perang Rusia-Ukraina hari ke-206 dapat Anda baca selengkapnya di bawah ini.

1. Putin Berjanji Akhiri Perang di Ukraina Secepat Mungkin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Moskwa akan melakukan apa saja untuk mengakhiri perang Ukraina secepat mungkin.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin saat berbincang dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pertemuan tingkat tinggi di Samarkand, Uzbekistan.

“Saya tahu bahwa era hari ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda di telepon tentang ini,” kata Modi kepada Putin sebagaimana dikutip Sky News, Jumat (16/9/2022).

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Putin Bersumpah Akan Menekan Serangan ke Ukraina

2. 440 Mayat Ditemukan di Kuburan Massal di Izyum Ukraina yang Direbut Kembali dari Rusia

Petugas forensik membawa kantong mayat di hutan pinggiran Izyum, Ukraina timur, 16 September 2022.AFP PHOTO/SERGEY BOBOK Petugas forensik membawa kantong mayat di hutan pinggiran Izyum, Ukraina timur, 16 September 2022.
Setidaknya 440 mayat ditemukan dalam kuburan massal di Izyum, Ukraina, setelah dibebaskan dari kendali Rusia, kata seorang perwira tinggi polisi kepada Sky News.

Presiden Ukraina mengonfirmasi bahwa situs pemakaman massal telah ditemukan, tetapi dia mengatakan bahwa informasi yang jelas dan terverifikasi akan dirilis kemudian.

"Kami ingin dunia tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang telah menyebabkan pendudukan Rusia," kata Volodymyr Zelensky dalam pidato video malam hari kepada bangsa itu dikutip dari Sky News pada Jumat (16/9/2022).

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Ukraina Terkini: Kuburan Massal Ditemukan di Izium, Kota yang Baru Direbut Lagi dari Rusia

3. Putin Tanggapi Keberhasilan Serangan Balasan Ukraina, Pastikan Rencana Rusia Tidak Berubah

Presiden Rusia Vladimir Putin untuk kali pertama secara terbuka menanggapi keberhasilan serangan balasan Ukraina baru-baru ini dengan mengatakan bahwa hal itu tidak akan mengubah rencana Rusia.

Dalam serangan balik yang cepat, pasukan Ukraina mengatakan mereka merebut lebih dari 8.000 km persegi (3.088 mil persegi) dalam enam hari di wilayah timur laut Kharkiv.

Namun Putin mengatakan dia tidak terburu-buru, dan serangan di wilayah Donbass Ukraina tetap di jalurnya. Dia juga mencatat bahwa Rusia sejauh ini belum mengerahkan pasukan penuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com