Kompas.com - 11/08/2022, 21:34 WIB

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Wanita Brasil bernama Sabine Coll Boghici (48) ditangkap pada Rabu (10/8/2022) atas tuduhan berkomplot menipu ibunya yang berusia 82 tahun, Genevieve Boghici.

Genevieve adalah istri mendiang kolektor seni Jean Boghici. Sabine menipunya demi uang, karya seni, dan perhiasan dengan total sekitar 724 juta reais (Rp 2 triliun).

Penangkapannya turut mengungkap jaringan penipuan bertahun-tahun yang menurut polisi melibatkan paranormal gadungan. Mereka menipu beberapa pelukis terkenal di Brasil.

Baca juga: Curiga Suami Selingkuh, Nenek Ini Kasih Rp 198 Juta ke Teman untuk Bayar Dukun, tapi Malah Kena Tipu

Sebanyak empat orang lainnya juga ditangkap, sedangkan dua lainnya yang bernama Diana Rosa Aparecida Stanesco Vuletic dan Slavko Vuletic masih buron.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (11/8/2022), penipuan itu dimulai pada 2020 ketika Genevieve didekati seorang paranormal yang meramalkan kematian putrinya sudah dekat.

Korban kemudian dibawa ke beberapa paranormal lagi. Menurut polisi, para tersangka menggunakan informasi dari putrinya untuk menipu Genevieve yang putus asa agar mentransfer uang untuk membayar "perawatan spiritual."

Pada bulan-bulan berikutnya, polisi menuduh para tersangka secara fisik mengancam Genevieve dan dia ditahan di rumah selama berbulan-bulan oleh putrinya.

Sabine dan komplotannya yang menyamar sebagai paranormal "mengambil karya seni dari rumah (ibu), mengeklaim bahwa lukisan itu dikutuk dengan sesuatu yang negatif, dengan energi negatif yang perlu didoakan," kata polisi Rio de Janeiro bernama Gilberto Ribeiro.

Setelah hampir setahun dianiaya oleh Sabine dan antek-anteknya, korban kemudian melapor ke polisi.

Baca juga:

Polisi mengatakan, 16 lukisan dicuri termasuk karya seniman terkenal Brasil seperti Cicero Dias, Rubens Gerchman, dan Alberto Guignard.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.