Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak Tipu Ibunya Rp 2 Triliun, Pelaku Berkomplot Menyamar jadi Paranormal

Genevieve adalah istri mendiang kolektor seni Jean Boghici. Sabine menipunya demi uang, karya seni, dan perhiasan dengan total sekitar 724 juta reais (Rp 2 triliun).

Penangkapannya turut mengungkap jaringan penipuan bertahun-tahun yang menurut polisi melibatkan paranormal gadungan. Mereka menipu beberapa pelukis terkenal di Brasil.

Sebanyak empat orang lainnya juga ditangkap, sedangkan dua lainnya yang bernama Diana Rosa Aparecida Stanesco Vuletic dan Slavko Vuletic masih buron.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (11/8/2022), penipuan itu dimulai pada 2020 ketika Genevieve didekati seorang paranormal yang meramalkan kematian putrinya sudah dekat.

Korban kemudian dibawa ke beberapa paranormal lagi. Menurut polisi, para tersangka menggunakan informasi dari putrinya untuk menipu Genevieve yang putus asa agar mentransfer uang untuk membayar "perawatan spiritual."

Pada bulan-bulan berikutnya, polisi menuduh para tersangka secara fisik mengancam Genevieve dan dia ditahan di rumah selama berbulan-bulan oleh putrinya.

Sabine dan komplotannya yang menyamar sebagai paranormal "mengambil karya seni dari rumah (ibu), mengeklaim bahwa lukisan itu dikutuk dengan sesuatu yang negatif, dengan energi negatif yang perlu didoakan," kata polisi Rio de Janeiro bernama Gilberto Ribeiro.

Setelah hampir setahun dianiaya oleh Sabine dan antek-anteknya, korban kemudian melapor ke polisi.

  • Model Tipu 18 Pria Sekaligus, Kantongi Uang Rp 4,4 Miliar
  • Bukan Kali Ini Saja WNI Kena Tipu Tawaran Kerja di Kamboja
  • Mantan Pilot Boeing yang Dituduh Tipu Regulator AS untuk Sertifikasi 737 MAX Dibebaskan

Polisi mengatakan, 16 lukisan dicuri termasuk karya seniman terkenal Brasil seperti Cicero Dias, Rubens Gerchman, dan Alberto Guignard.

Sol Poente karya Amaral termasuk di antara 11 lukisan yang ditemukan pada Rabu (10/8/2022) dalam penggerebekan polisi Rio de Janeiro di salah satu rumah komplotan paranormal gadungan itu.

Otoritas setempat juga menemukan tiga lukisan di Sao Paulo, yang dua di antaranya dijual ke museum di Buenos Aires tetapi belum ditemukan.

Menurut polisi, tujuh orang diduga terlibat dalam kasus ini selama bertahun-tahun. Mereka menghadapi tuduhan penggelapan, perampokan, pemerasan, pemenjaraan palsu, dan asosiasi kriminal.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/11/213400170/anak-tipu-ibunya-rp-2-triliun-pelaku-berkomplot-menyamar-jadi-paranormal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke