Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Swiss: Tim SAR Bern Masih Lanjutkan Pencarian Anak Ridwan Kamil

Kompas.com - 27/05/2022, 15:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian dan tim SAR wilayah Bern, Swiss, masih meneruskan pencarian Emmeril Khan Mumtadz, putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Eril, sapaan akrab Emmeril, hilang ketika berenang di Sungai Aare pada Kamis (26/5/2022).

“Pihak polisi dan SAR akan melanjutkan pencarian. Mohon doanya,” kata Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad, seperti dilansir Antara, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Usai Shalat Jumat, Jemaah Sejumlah Masjid Doakan Keselamatan Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Swiss

Sejak menerima laporan soal hilangnya kontak dengan Emmeril pada Kamis pukul 11.00 siang waktu setempat (sekitar pukul 17.00 WIB), KBRI Bern segera berkoordinasi dengan kepolisian Swiss, emergency line Swiss, serta sejumlah rumah sakit terdekat.

Kepolisian Kota Bern telah mengerahkan tim SAR yang terdiri dari unsur polisi sungai, ambulans, dan pemadam kebakaran di Bern.

Mereka menyisir seluruh area potensial sepanjang Sungai Aare, dari pukul 10.00-15.00 waktu setempat.

“Per tanggal 26 Mei 2022 pukul 18.00, proses pencarian yang dilakukan oleh tim SAR setempat belum berhasil memperoleh hasil yang diharapkan,” demikian bunyi keterangan tertulis KBRI Bern.

Baca juga: Keluarga Ridwan Kamil: Yang Berenang Eril dan Adiknya, Bu Atalia Tidak Ikut

Kepolisian Swiss beserta tim SAR akan melanjutkan pencarian dengan jangkauan yang lebih luas pada Jumat, yang dimulai pukul 09.00 hingga selesai.

Ridwan Kamil dan keluarga diketahui tengah berada di Swiss untuk mencari sekolah buat Eril, sapaan akrab Emmeril, yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Saat kejadian nahas itu, Ridwan Kamil berada di Inggris menjalankan agenda pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada 26 Mei 2022 siang, Eril disebut berenang di Sungai Aare, Bern, bersama adik dan kawannya. Kondisi cuaca saat itu cerah.

Baca juga: Hilang Lebih dari 12 Jam di Swiss, Eril, Anak Ridwan Kamil, Belum Juga Ditemukan, Seluruh Area Sungai Aare Disisir

Namun, ketika berusaha naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang saat itu amat deras, meski sempat dibantu oleh kawan-kawannya.

Ridwan Kamil pun dilaporkan langsung menyusul ke Swiss.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com