China Akan Gelar Latihan Militer Lagi di Laut China Selatan, Tutup Area 100 Km Persegi

Kompas.com - 27/05/2022, 13:29 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China akan mengadakan latihan angkatan laut di Laut China Selatan pada Sabtu (28/5/2022).

Latihan tersebut direncanakan berlangsung di laut kurang dari 25 kilometer (15,5 mil) di lepas pantai provinsi Hainan, China selatan.

Latihan ini dilakukan saat Amerika Serikat (AS) memimpin peringatan atas kehadiran militer dan ekonomi China yang berkembang di wilayah yang terbentang dari Laut China Selatan hingga Kepulauan Pasifik.

Baca juga: Saat Biden Kunjungi Asia, Beijing Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

"Latihan militer akan diadakan dan akses masuk dilarang," kata Administrasi Keselamatan Maritim China, dalam sebuah pernyataan, Kamis (26/5/2022), dikutip dari AFP.

Otoritas maritim China itu memperingatkan bahwa area seluas sekitar 100 kilometer (km) persegi akan ditutup untuk lalu lintas maritim selama lima jam.

China diketahui secara rutin melakukan latihan serupa di perairan dekat pantainya, dengan latihan di daerah lain di laut dekat Hainan yang dijadwalkan minggu depan, serta beberapa latihan lainnya di sepanjang garis pantai timur negara itu.

Tetapi latihan terbaru datang ketika Beijing menghadapi suara-suara peringatan yang berkembang dari AS dan sekutu Barat atas ambisi angkatan lautnya, yang menurut para kritikus adalah tempat berpijak bagi upaya yang lebih luas untuk mengubah keseimbangan kekuatan regional.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis, menuduh Beijing meningkatkan ketegangan atas Taiwan, yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

Baca juga: Konflik Laut China Selatan Memanas, Indonesia Dekati AS

"Beijing telah terlibat dalam retorika dan aktivitas yang semakin provokatif seperti menerbangkan pesawat PLA di dekat Taiwan hampir setiap hari," kata Blinken dalam sebuah pidato, mengacu pada Tentara Pembebasan Rakyat.

Dia juga menyerukan upaya untuk mengimbangi niat China untuk membentuk kembali tatanan internasional.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.