Ukraina Akui Kehilangan Beberapa Wilayah Timur, Jatuh ke Tangan Pasukan Rusia

Kompas.com - 27/05/2022, 13:01 WIB

KYIV, KOMPAS.com – Angkatan Bersenjata Ukraina mengakui bahwa pasukan Rusia telah membuat kemajuan lebih lanjut di wilayah Donetsk.

Pada Kamis (26/5/2022), Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina menuturkan bahwa beberapa upaya gerak maju pasukan Rusia berhasil digagalkan.

Namun, pasukan Rusia berhasil merebut satu distrik dalam jarak sekitar 16 kilometer dari Kota Bakhmut, sebuah kota yang dianggap penting bagi Kyiv.

Baca juga: Bendera Ukraina Berkibar di Puncak Putin, Polisi Kirgistan Luncurkan Penyelidikan

Bakhmut berada di rute pasokan utama untuk unit Ukraina di garis depan, yang berpotensi terputus oleh kemajuan Rusia, sebagaimana dilansir CNN.

“Di arah Donetsk, musuh menggempur pasukan kami, meluncurkan serangan rudal, melakukan pengintaian, dan meningkatkan dukungan udara,” kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina juga mengatakan bahwa upaya Rusia lainnya untuk maju ke barat menuju perbatasan wilayah Donetsk telah ditangkis.

Rusia dilaporkan terus membombardir pasukan Ukraina di selatan Kota Lyman, yang sebagian besar jatuh ke tangan Rusia pada Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-92 Serangan Rusia ke Ukraina, Moskwa Gempur 40 Kota, Kanselir Jerman Sebut Putin Tak Akan Menang

Menurut pihak Ukraina, upaya Rusia untuk maju ke Donetsk dari utara terus gagal. Garis depan di daerah tersebut telah berubah sedikit dalam beberapa pekan terakhir.

“Dengan dukungan artileri, musuh melakukan serangan ke arah Desa Bohorodychne, tidak berhasil, dan mundur ke posisi sebelumnya,” ujar Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Lebih jauh ke timur, ketika pasukan Ukraina mempertahankan posisi bertahan di sekitar Severodonetsk, pasukan Rusia cukup berhasil dalam membuat sedikit kemajuan di lapangan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.