Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Rusia-Ukraina Ronde Ketiga Jadi Akan Digelar Senin Besok

Kompas.com - 06/03/2022, 07:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

KIEV, KOMPAS.com - Rusia dan Ukraina akan mengadakan pembicaraan putaran ketiga pada Senin (7/3/2022), tentang mengakhiri permusuhan.

Hal ini dilontarkan perunding Ukraina David Arakhamia dalam sebuah posting Facebook pada Sabtu (5/3/2022), tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dilansir Reuters, pihak Rusia kurang definitif, hanya mengatakan bahwa pembicaraan mungkin dimulai pada hari Senin.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-10 Serangan Rusia ke Ukraina, Upaya Evakuasi Dihentikan, Kota Chernihiv Dibombardir

Delegasi dari Ukraina dan Rusia telah melakukan dua putaran pembicaraan sejak Rusia meluncurkan invasi skala penuh ke tetangganya pada 24 Februari.

Pada Kamis (3/3/2022), kedua belah pihak sepakat untuk membuka koridor kemanusiaan untuk memungkinkan warga sipil keluar dari beberapa zona pertempuran, meskipun ada penundaan dalam penerapannya.

Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa pembicaraan belum membuahkan hasil tetapi akan terus melakukan negosiasi.

"Pembicaraan putaran ketiga akan berlangsung pada hari Senin," tulis Arakhamia, yang juga ketua faksi parlemen dari partai Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Kantor berita Rusia Interfax kemudian mengutip negosiator Rusia Leonid Slutsky yang mengatakan "babak ketiga benar-benar dapat berlangsung dalam beberapa hari mendatang, mungkin saja pada hari Senin."

Baca juga: UNIK GLOBAL: Pengemudi Ukraina Ejek Tank Mogok Rusia | Pejuang Ukraina Olesi Peluru Minyak Babi

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa upaya Zelensky untuk mendapatkan bantuan langsung NATO tidak membantu pembicaraan antara kedua belah pihak, tetapi Moskwa siap untuk putaran ketiga.

Waspada terseret ke dalam perang Rusia terhadap negara tetangganya, NATO menolak seruan Zelensky untuk menciptakan zona larangan terbang di atas Ukraina.

Mereka juga mendorong presiden Ukraina mengatakan bahwa aliansi tersebut telah memberi Rusia lampu hijau untuk melanjutkan kampanye pengebomannya.

Sebelumnya pada Sabtu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan dia terbuka untuk berbicara dengan Lavrov, tetapi hanya jika pembicaraan itu "bermakna."

Baca juga: Putin: Negara yang Berlakukan Zona Larangan Terbang di Ukraina Sama Saja Memasuki Konflik

Kremlin mengatakan bahwa kemajuan dalam negosiasi akan tergantung pada reaksi Ukraina terhadap posisi Rusia tentang bagaimana mengakhiri perang, yang telah disampaikan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com