Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Retno Marsudi: Tema G20 Punya Makna "Indonesia Banget"

Kompas.com - 07/01/2022, 16:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comTema G20 tahun 2022 disebut punya makna yang "Indonesia banget".

Tema "Recover Together, Recover Stronger" atau "Pulih Bersama, Bangkit Perkasa" yang jadi tajuk utama dalam G20 diambil dari spirit masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal ini diungkap Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam wawancara hangat bersama Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugruho melalui siniar (podcast) BEGINU episode spesial Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: Sejumlah Poin Penting Pertemuan Retno Marsudi dan Menlu AS

Sebagai tuan rumah agenda G20, Indonesia akan menjamu negara anggota G20 selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 2022.

Negara yang berpartisipasi di antaranya Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Korea Selatan, AS, hingga Uni Eropa.

Karena itulah, Retno, yang dikenal sebagai diplomat ulung, mengambil sari-sari dari Indonesia dalam tema besar G20 ini.

"Tema 'Recover Together, Recover Stronger', jelas butuh peran penting kebersamaan, solidaritas, dan inklusivitas," ujar Retno dikutip pada Kamis (6/1/2022).

"Gagasan ini asli dari Indonesia, Indonesia banget," tambahnya.

Retno menjelaskan bahwa dalam upaya pemulihan pasca-pandemi Covid-19 yang jadi fokus utama agenda G20, kebersamaan adalah kuncinya.

"Kita ingin recover stronger, menjadi lebih kuat lagi dari sebelumnya. Itu tujuannya. Nah, alat untuk mencapai itu adalah together, kerjasama, kebersamaan, maknanya sangat dalam," ujarnya.

Baca juga: Menlu Retno Bertemu Perwakilan Taliban di Pakistan, Ini yang Dibahas

Tema besar ini tentu saja tak ujug-ujug dipakai begitu saja. Retno menyebut, tema ini terlebih dulu melewati proses panjang dan berliku--selain memperhatikan kesan rima dan ear-catching belaka.

"Tema ini sebelumnya di-excersise dulu di Kemenlu, lalu kita bawa rapat terbatas dengan presiden, prosesnya cukup panjang," ujarnya.

Karena itulah, setelah "penggalian", akhirnya dipakailah tema yang sudah lama jadi spirit bangsa Indonesia.

Baca juga: Presidensi G20, Indonesia akan Bawa Suara Negara-negara Berkembang

"Makna 'together' itu sangat indonesia. Politik luar negeri kita juga selalu berusaha menyatukan perbedaaan dan Membangun kerjasama. Itu hal yang Indonesia sekali," tambahnya.

Kerja sama, kebersamaan, solidaritas, dan inklusivitas yang selama ini dilakukan dengan gotong-royong di Indonesia, menurut Retno bisa jadi solusi pemulihan negara-negara menghadapi pandemi.

"Idenya adalah bagaimana negara-negara besar bisa berbuat untuk negara yang lain," ujar Retno, mengejawentahkan makna kebersamaan dalam agenda G20.

Baca juga: Status Pandemi Diperpanjang, MotoGP hingga Pertemuan G20 Dipastikan Tetap Jalan

Simak obrolan lengkap Wisnu Nugroho dan Retno Marsudi di Podcast Beginu di YouTube Kompas.com lewat link bit.ly/BeginuRetno

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com