Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Rapat Mendadak Kumpulkan Menteri, Bahas Serangan Iran

Kompas.com - 14/04/2024, 09:44 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden bertemu dengan tim keamanan nasionalnya pada Sabtu (13/4/2023).

Biden dan tim membahas serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran terhadap sekutu AS tersebut, yang memicu kekhawatiran tentang konflik yang lebih luas di Timur Tengah.

Biden mempersingkat perjalanan akhir pekan ke negara bagian asalnya, Delaware, dan kembali ke Washington untuk bertemu dengan anggota kabinet dan pejabat tinggi AS lainnya.

Baca juga: Usai Iran Serang Israel, PM Netanyahu Telepon Biden

“Saya baru saja bertemu dengan tim keamanan nasional saya untuk mendapatkan informasi terkini tentang serangan Iran terhadap Israel,” kata Biden dalam postingan di X setelah pertemuan tersebut. “Komitmen kami terhadap keamanan Israel terhadap ancaman dari Iran dan proksinya sangat kuat.”

Iran pada Sabtu meluncurkan puluhan drone ke Israel yang akan memakan waktu berjam-jam untuk mencapai target mereka, kata militer Israel.

Ini jadi serangan yang dapat memicu eskalasi antara musuh bebuyutan regional tersebut.

Teheran telah berjanji untuk membalas serangan Israel terhadap kompleks kedutaan Iran pekan lalu di Damaskus yang menewaskan seorang komandan senior Pasukan Quds di luar negeri Korps Garda Revolusi Iran dan enam perwira lainnya.

Gedung Putih mengatakan Biden diberi pengarahan secara berkala mengenai perkembangan di wilayah tersebut, di mana militer Amerika menembak jatuh pesawat tak berawak Iran yang menuju Israel, menurut tiga pejabat AS.

Pertemuan di Situation Room, sebuah pusat manajemen krisis jauh di dalam Sayap Barat Gedung Putih, dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Direktur Badan Intelijen Pusat William Burns, Direktur Intelijen Nasional Avril Hines, nasional penasihat keamanan Jake Sullivan dan pejabat lainnya.

Sebelumnya, Austin berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant untuk membahas ancaman regional yang mendesak, kata Pentagon.

Baca juga: Atas Permintaan Israel, DK PBB Segera Gelar Pertemuan Darurat untuk Bahas Serangan Iran

Dia menegaskan kembali dukungan penuh Amerika untuk Israel terhadap serangan oleh Iran dan proksinya.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, menyampaikan pesan serupa tentang dukungan AS kepada mitranya dari Israel, Tzachi Hanegbi, katanya dalam sebuah postingan di X.

Baca juga: Serangan Iran Berkelanjutan, Tembakkan 200 Drone, Rudal Balistik, dan Rudal Jelajah ke Israel

Israel kemudian menempatkan militernya dalam siaga penuh dan membatalkan semua kegiatan pendidikan dan pemuda lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com