Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Kesepakatan 60 Juta Dollar AS dari Facebook untuk Hak Nama Meta

Kompas.com - 15/12/2021, 14:52 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Meta Platforms, pemilik jaringan media sosial Facebook, berada di balik kesepakatan 60 juta dollar AS untuk mengakuisisi aset merek dagang bank regional AS Meta Financial Group.

Juru bicara Meta, dilansir AFP, menyebut kesepakatan itu menggarisbawahi betapa berharganya nama Meta bagi raksasa teknologi itu.

Mereka yakin bahwa fokusnya pada metaverse, yakni ruang digital bersama yang diakses melalui internet melalui berbagai perangkat, akan terbayar dengan baik di tahun-tahun mendatang.

Baca juga: Meta Dituduh Menjiplak Fitur Boomerang di Instagram, Mark Zuckerberg Pernah Coba Aplikasinya

Di sisi lain, Meta Financial telah mengatakan dalam pengajuan peraturan bahwa perusahaan Delaware bernama Beige Key LLC setuju untuk memperoleh hak di seluruh dunia atas nama perusahaannya seharga 60 juta dollar AS secara tunai.

"Beige Key berafiliasi dengan kami dan kami telah memperoleh aset merek dagang ini," kata juru bicara Meta Platform.

Seorang juru bicara MetaBank juga mengkonfirmasi keterlibatan Meta Platform.

Selain menawarkan produk melalui anak perusahaan MetaBank, termasuk tabungan konsumen, pinjaman dan kartu kredit, dan pinjaman komersial, Meta Financial bermitra dengan lembaga termasuk lembaga pemerintah dan perusahaan teknologi keuangan.

Ini demi menawarkan layanan perbankan dengan tujuan memperkuat inklusi keuangan.

Baca juga: Ganti Nama Jadi Meta, Facebook Mau Buka Toko Fisik Pertama?

Facebook mengatakan pada bulan Oktober bahwa perusahaan induknya telah mengubah namanya menjadi Meta Platforms.

Raksasa teknologi, yang telah banyak berinvestasi dalam realitas virtual dan augmented reality, melihat metaverse sebagai penerus internet seluler.

Minggu lalu, Meta Platforms membuka aplikasi Horizon Worlds yang sebelumnya hanya untuk undangan, di mana pengguna headset realitas virtual Quest dapat bermain game dan berinteraksi sebagai avatar, kepada lebih dari 18 pengguna di Amerika Serikat dan Kanada.

Juru bicara Meta Platform mengatakan perusahaan terlibat dalam diskusi dengan Meta Financial sebelum perubahan nama Facebook diumumkan.

Baca juga: Pengaruh Meta di Dunia Fesyen, Seperti Apa?

Dalam pengarsipan, Meta Financial mengatakan telah memulai tinjauan strategi merek awal tahun ini, tetapi juru bicara MetaBank menolak untuk mengomentari negosiasi di luar isi pengarsipan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com