KBRI London Jemput Bola Beri Layanan Kekonsuleran kepada WNI di Dublin

Kompas.com - 08/12/2021, 10:31 WIB
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris kembali menyapa masyarakat dan pelajar Indonesia di Dublin, Irlandia dan sekitarnya dalam kegiatan pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran, Minggu (5/12/2021). KBRI LondonKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris kembali menyapa masyarakat dan pelajar Indonesia di Dublin, Irlandia dan sekitarnya dalam kegiatan pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran, Minggu (5/12/2021).

DUBLIN, KOMPAS.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris kembali menyapa masyarakat dan pelajar Indonesia di Dublin, Irlandia dan sekitarnya dalam kegiatan pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran, Minggu (5/12/2021).

Pelayanan diberikan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19 sesuai peraturan pemerintah setempat.

Kegiatan tersebut diikuti lebih kurang 40 pemohon paspor.

Baca juga: KBRI London Suguhkan Kopi Indonesia Lagi di London Coffee Festival 2021

Program jemput bola merupakan komitmen KBRI London untuk mempermudah WNI dalam menerbitkan atau memperpanjang paspor yang selama ini terkendala melakukan perjalanan ke London, terutama akibat pandemi Covid-19.

“Hal ini penting guna memastikan KBRI London terus hadir di tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik bagi masyarakat Indonesia di Inggris dan Irlandia, sebagaimana selalu dikedepankan oleh Duta Besar Desra Percaya”, ujar Sayu Oka Widani, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI London dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/12/2021),

Selain pelayanan perpanjangan atau penerbitan paspor, KBRI London juga telah melakukan sosialisasi one-to-one mengenai pentingnya Lapor Diri pada layanan portal Peduli WNI (peduliwni.kemlu.go.id).

Peduli WNI merupakan salah satu toolspendataan masyarakat Indonesia di luar negeri menjelang Pemilu 2024. Portal ini dipersiapkan untuk membangun data awal pemilih luar negeri menuju Pemilu tiga tahun lagi.

Ditargetkan data awal pemilih luar negeri dapat diserahkan kepada KPU pada Oktober 2022.

KBRI London juga telah melakukan diseminasi informasi terkait penerbitan Nomor Induk Tunggal (NIT) kepada masyarakat dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang hadir, serta himbauan untuk senantiasa mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah setempat terkait Covid-19.

Baca juga: Bareng Warga Indonesia, KBRI London Bersepeda Pamer Baju Adat Nusantara

“Saya berharap KBRI London bisa sering-sering mengadakan acara pertemuan seperti ini dengan PPI dan masyarakat di Irlandi. Karena London-Dublin jaraknya cukup jauh,” ujar Kory yang datang dari Kota Sligo dengan jarak sekitar 250 kilometer (km) dari Dublin.

Tim KBRI London saat itu juga berkesempatan mengadakan pertemuan khusus dengan perwakilan masyarakat Indonesia dan PPI di Irlandia.

Pertemuan itu diadakan khususnya untuk membahas perkembangan kebijakan pemerintah setempat terkait Covid-19 dan dampaknya bagi WNI, serta sinergitas kegiatan dengan KBRI London ke depan.

KBRI London berkomitman akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dan membantu WNI yang berada di Inggris dan Irlandia, khususnya selama masa pandemi Covid-19.

Baca juga: KBRI London Gelar Promosi Gastronomi Indonesia di Inggris

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris kembali menyapa masyarakat dan pelajar Indonesia di Dublin, Irlandia dan sekitarnya dalam kegiatan pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran, Minggu (5/12/2021).KBRI London Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London, Inggris kembali menyapa masyarakat dan pelajar Indonesia di Dublin, Irlandia dan sekitarnya dalam kegiatan pelayanan keimigrasian dan kekonsuleran, Minggu (5/12/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.