Kanselir Jerman Angela Merkel Pensiun Usai 16 Tahun Berkuasa, Apa Rencana Selanjutnya?

Kompas.com - 05/12/2021, 17:15 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel melambaikan tangan pertanda perpisahan di Kementerian Pertahanan, saat seremoni akhir kekuasaan dirinya, di Berlin, 2 Desember 2021. AFP/ODD ANDERSEN via APKanselir Jerman Angela Merkel melambaikan tangan pertanda perpisahan di Kementerian Pertahanan, saat seremoni akhir kekuasaan dirinya, di Berlin, 2 Desember 2021.

BERLIN, KOMPAS.com - Setelah 16 tahun memimpin Jerman, negara dengan perekonomian terbesar di Eropa, hal pertama yang ingin dilakukan Angela Merkel saat pensiun dari politik adalah "tidur sebentar". Tapi bagaimana setelah itu?

Kanselir veteran Jerman itu selalu bungkam tentang apa yang akan dia lakukan setelah menyerahkan kendali kepada penggantinya, Olaf Scholz, pada 8 Desember.

Selama empat masa jabatannya, Angela Merkel yang berusia 67 tahun sering digambarkan sebagai wanita paling berkuasa di dunia, tetapi dia mengisyaratkan baru-baru ini dirinya tidak akan rindu untuk memimpin lagi.

Baca juga: Angela Merkel Pamit, Diiringi Lagu Punk dan Hati Lapang

"Saya akan mengerti dengan sangat cepat bahwa semua ini sekarang menjadi tanggung jawab orang lain. Dan saya pikir saya akan sangat menyukai situasi itu," katanya dalam perjalanan ke Washington musim panas ini, dikutip dari AFP.

Terkenal karena stamina dan kemampuannya untuk tetap segar setelah rapat sepanjang malam, Angela Merkel pernah berkata dia dapat menyimpan waktu tidur seperti unta menyimpan air.

Namun, ketika ditanya tentang pensiunnya di Washington, dia menjawab, "Mungkin saya akan mencoba membaca sesuatu, kemudian mata saya akan mulai terpejam karena saya lelah, jadi saya akan tidur sebentar, dan kemudian kita lihat saja nanti saya di mana."

"Lihat apa yang terjadi"

Kali pertama terpilih sebagai anggota parlemen pada 1990, tepat setelah reunifikasi Jerman, Angela Merkel baru-baru ini menyatakan bahwa dia tidak pernah punya waktu untuk berhenti dan merenungkan apa lagi yang mungkin ingin dia lakukan.

"Saya tidak pernah memiliki hari kerja yang normal dan... Saya secara alami berhenti bertanya pada diri sendiri apa yang paling menarik minat saya di luar politik," katanya kepada hadirin saat wawancara bersama penulis Nigeria, Chimamanda Ngozi Adichie.

"Karena saya sudah berusia 67 tahun, waktu saya terbatas. Ini berarti saya harus memikirkan dengan hati-hati tentang apa yang ingin saya lakukan di fase hidup saya selanjutnya," katanya.

"Apakah saya ingin menulis, apakah saya ingin berbicara, apakah saya ingin hiking, apakah saya ingin di rumah saja, apakah saya ingin melihat dunia? Saya sudah memutuskan untuk tidak melakukan apa-apa, untuk memulai, dan lihat apa yang terjadi."

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.