Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Hadapi Wabah Covid-19 Delta Terbesar, Kasus-kasus Bermunculan di Kota Dalian

Kompas.com - 15/11/2021, 16:03 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - China berjuang melawan penyebaran wabah Covid-19 terbesar yang disebabkan oleh varian Delta, menurut pengumuman pada Senin (15/11/2021).

Pelancong dari kota, di mana infeksi telah tumbuh lebih cepat daripada di tempat lain di negara itu, harus menjalani aturan karantina ketat di daerah terdekat.

Baca juga: Fortnite Pamit dari China akibat Dilarang Pemerintah, Akhiri 3 Tahun Uji Coba

Pihak China mengatakan 32 infeksi baru yang ditularkan di dalam negeri dengan gejala yang dikonfirmasi telah dilaporkan pada 14 November, sebagian besar di timur laut kota Dalian.

Reuters melaporkan berdasarkan data resmi, kasus Covid-19 China terbaru ini, membuat total penghitungan lokal sejak 17 Oktober menjadi 1.308. Ini melampaui 1,280 kasus lokal dari wabah varian Delta pada musim panas.

Wabah Covid-19 Delta kali ini merupakan yang paling luas di China, yang telah mempengaruhi 21 provinsi, wilayah, dan kotamadya.

Meskipun lebih kecil daripada banyak wabah di negara lain, pihak China tidak ingin membiarkan penyebaran lebih lanjut di bawah toleransi nol Covid-19 pemerintah.

Selusin wilayah tingkat provinsi mengatasi gejolak mereka dalam beberapa minggu dalam wabah saat ini.

Baca juga: Jalan-jalan di Chernobyl Tanpa APD, Influencer China Banjir Kritik

Penerapan cepat dari penanganan yang kompleks, termasuk pelacakan kontak, beberapa putaran pengujian pada orang-orang di area beresiko, hingga penutupan tempat budaya dari turi dan transportasi umum.

Namun, Dalian tetap berjuang melawan virus, kata Wu Liangyou, pejabat di Komisi Kesehatan Nasional.

Sejak Dalian melaporkan pasien bergejala lokal pertama dari wabah terbaru pada 4 November, kota pelabuhan berpenduduk 7,5 juta orang itu telah mendeteksi rata-rata sekitar 24 kasus lokal baru sehari, lebih banyak daripada kota-kota China lainnya, menurut perhitungan Reuters.

Beberapa kota di dekat Dalian, termasuk Dandong, Anshan dan Shenyang, mengatakan orang-orang yang datang dari Dalian harus dikarantina di fasilitas terpusat selama 14 hari sebelum mereka dapat bergerak bebas, dalam tindakan yang sangat hati-hati.

Pada 14 November, China daratan telah melaporkan 98.315 kasus virus corona yang dikonfirmasi dengan gejala, termasuk infeksi yang ditularkan di dalam negeri dan yang dari luar negeri. Ada 4.636 kematian.

Baca juga: Doa agar China dan AS Saling Mengalah dalam Konflik Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com