Kompas.com - 26/10/2021, 15:26 WIB
Pesawat Airbus A320 milik Alitalia saat melakukan penerbangan terakhir yang terjadwal pada Kamis 14 Oktober 2021 dari bandara Fiumicimo, Roma. Alitalia bangkrut dan digantikan maskapai nasional Italia baru, ITA Airways. AFP PHOTO/ANDREAS SOLAROPesawat Airbus A320 milik Alitalia saat melakukan penerbangan terakhir yang terjadwal pada Kamis 14 Oktober 2021 dari bandara Fiumicimo, Roma. Alitalia bangkrut dan digantikan maskapai nasional Italia baru, ITA Airways.

ROMA, KOMPAS.com - Maskapai nasional Italia, Alitalia, bangkrut kemudian digantikan ITA Airways.

Sebagai maskapai nasional baru Italia, ITA Airways telah melakukan penerbangan pertamanya pada Jumat (15/10/2021).

Alitalia bangkrut setelah beroperasi selama 74 tahun, tetapi dalam satu dekade terakhir terlilit utang, dan sempat berada di bawah administrasi khusus pada 2017, namun kondisinya semakin memburuk akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Maskapai Alitalia Bangkrut, Pramugari Demo Lepas Baju

ITA Airways kemudian didirikan sebagai pengganti yang mengambil alih setengah dari jumlah pesawat dan slot pendaratan Alitalia, tetapi mengakibatkan ribuan staf kehilangan pekerjaan.

Namun, logo ikonik hijau, putih dan merah Alitalia tidak akan hilang dari langit Eropa, karena ITA berhasil menawar untuk membeli merek tersebut pada Kamis malam (14/10/2021) seharga 90 juta euro (Rp 1,47 triliun).

Demo pramugari Alitalia

Tangkapan layar dari video demo pramugari Alitalia yang melepas baju dan hanya mengenakan pakaian dalam, sebagai bentuk unjuk rasa terhadap kebangkrutan maskapai itu, di Capitoline Hill, Roma, Italia, Rabu (20/10/2021).USB VIDEO/FEDERICO MARIANI via AP Tangkapan layar dari video demo pramugari Alitalia yang melepas baju dan hanya mengenakan pakaian dalam, sebagai bentuk unjuk rasa terhadap kebangkrutan maskapai itu, di Capitoline Hill, Roma, Italia, Rabu (20/10/2021).
Diluncurkan pada 5 Mei 1947, Alitalia melambangkan keberhasilan ekonomi Italia pasca-Perang Dunia II, dan menjadi maskapai penerbangan pilihan para paus setelah Paulus VI menggunakan maskapai tersebut tahun 1964.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 1970-an Alitalia adalah maskapai penerbangan terbesar ketujuh di dunia, tetapi selanjutnya terjadi penurunan dan memburuk dalam beberapa tahun terakhir.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami menyaksikan akhir Alitalia, itu adalah maskapai nasional kami, simbol sejarah negara ini," kata Laura Facchini (47) pramugari Alitalia selama 20 tahun, dikutip dari AFP.

Seperti banyak orang lain, dia melamar lagi untuk bergabung dengan ITA dan menjadi bagian 2.800 orang yang direkrut tahun ini, tetapi upayanya sia-sia

ITA pada Jumat (15/10/2021) mengatakan, akan mencapai 5.750 pegawai dalam sektor penerbangan pada 2025 setelah mempekerjakan 1.000 orang lagi tahun depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.