AS Blokir Ekspor Bahan Bakar Radioaktif ke China, Khawatir Beijing Lipatkan Cadangan Nuklir

Kompas.com - 07/10/2021, 22:22 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) telah memblokir bahan bakar radioaktif ke China, karena khawatir Beijing ingin melipatgandakan persediaan nuklirnya.

Pemerintahan Presiden Joe Biden memerintahkan Komisi Pengaturan Nuklir untuk memblokir ekspor ke China dengan alasan "keamanan nasional", menurut laporan The Times.

Baca juga: China: Perang Dunia Ketiga Bisa Terjadi Kapan Saja

Ekspor bahan radioaktif dan deuterium ke perusahaan nuklir milik negara China, China General Nuclear Power Group sekarang dilarang berdasarkan perintah tersebut.

Keputusan itu terjadi setelah media pemerintah China menyerukan peningkatan persenjataan nuklir negara itu hingga tiga kali lipat.

The Global Times, surat kabar Partai Komunis yang berkuasa, menerbitkan editorial yang berapi-api tahun lalu di mana ia menuduh Washington mencoba memicu konflik dengan China.

Para pejabat militer China didesak untuk meningkatkan persediaan nuklir negara itu menjadi 1.000 hulu ledak, lebih dari tiga kali lipat ukuran perkiraan saat ini yang sekitar 300.

Surat kabar, yang sering dilihat sebagai corong tanpa filter dari Beijing, itu menyerukan peningkatan persenjataan diperlukan untuk "mencegah potensi tindakan militer impulsif oleh penghasut perang AS".

Baca juga: China Bangun 110 Silo Rudal Baru, AS Ketar-ketir

Sementara itu China sibuk membangun "setidaknya 250 silo rudal jarak jauh" di tiga lokasi, yang memicu kekhawatiran bahwa perlombaan senjata nuklir baru sedang berlangsung.

Ladang silo rudal China ketiga di daerah terpencil di Mongolia Dalam dilaporkan telah difoto oleh satelit Badan Antariksa Eropa, saat Beijing meluncurkan ekspansi nuklir terbesarnya.

Asosiasi Kontrol Senjata mengatakan pembangunan nuklir Beijing yang cepat dapat secara signifikan memengaruhi Tinjauan Postur Nuklir pemerintahan Presiden Joe Biden, di mana ia memutuskan berapa banyak nuklir yang dibutuhkannya.

Halaman:
Sumber The Sun
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.