Kompas.com - 23/07/2021, 13:40 WIB
Kaligrafer Hindu India, Anil Kumar Chowhan. Courtesy of Anil Kumar ChowhanKaligrafer Hindu India, Anil Kumar Chowhan.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seniman kaligrafi otodidak Anil Kumar Chowhan telah menulis ayat-ayat Al Quran berbentuk kaligrafi dalam bahasa Arab di dinding lebih dari 200 masjid di seluruh India.

Berkarier selama 30 tahun, Chowhan yang tinggal di Hyderabad mengaku bahwa gairah menggambar kaligrafinya tersulut saat melukis papan nama untuk toko-toko di sekitar kota India selatan di Urdu.

Saat itu, dirinya melakukannya untuk mencari nafkah sederhana.

Baca juga: Kaligrafi Karya Santri Ini Dipamerkan di Turki hingga Maroko, Banjir Pemesanan Saat Ramadhan

“Saya berasal dari keluarga Hindu yang sangat miskin dan harus berhenti belajar setelah kelas 10 untuk menghidupi keluarga saya," ujarnya.

"Saya pandai menggambar, jadi saya pikir mengapa tidak memanfaatkan keterampilan ini untuk mengambil lukisan papan nama sebagai karier,” katanya.

Chowhan mengatakan, dia juga telah melukis 30 kuil dengan gambar dewa dan dewi Hindu, serta dargah (makam) dan biara yang tak terhitung jumlahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sementara untuk lebih dari 100 masjid, saya dibayar hadiya. Saya bekerja secara gratis untuk 100 lainnya. Saya merasakan hubungan spiritual dengan tempat-tempat yang mencegah saya menuntut kompensasi,” kata seniman yang berpenghasilan sekitar 350 dollar AS per tahun ini.

Chowhan mengatakan, dia tidak menghadiri sekolah formal atau Islam untuk mempelajari aksara Arab atau bahasa Urdu.

“Selama tugas melukis saya, saya belajar membaca dan menulis bahasa Urdu. Orang-orang pun mulai mengakui bakat saya dan memberi saya kesempatan untuk mempercantik arsitektur tengara di sekitar kota dengan ayat-ayat Al Quran," katanya.

Baca juga: Kaligrafi: Pengertian, Perkembangan dan Fungsinya

Di Hyderabad, 30 tahun yang lalu, kata Chowhan, penting untuk menulis papan nama dalam bahasa Urdu karena mayoritas penduduk kota dan pemilik toko adalah muslim.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.