Kompas.com - 31/07/2020, 07:05 WIB
Petugas sedang mengganti kiswah Kabah Petugas sedang mengganti kiswah Kabah

KOMPAS.com - Bagi seorang pembuat kaligrafi, gairah dan komitmen mereka dapat ditampilkan melalui setiap goresan kata-kata dalam berbagai media.

Namun, tak ada yang lebih terhormat bagi seorang kaligrafer daripada menampilkan hasrat itu pada kiswah atau penutup Kabah.

Perasaan itulah yang dirasakan oleh Mokhtar Alim Shokder, ahli kaligrafi di pabrik kiswah Kabah, Mekkah.

Dikutip dari Arab News, Kamis (30/7/2020), Shokder mengaku jatuh cinta pada kaligrafi di usia muda. Selama bertahun-tahun dia mengasah kemampuannya hingga mendapatkan posisi presitius.

Perjalanan Shokder menekuni kaligrafi dimulai saat liburan musim panas 1977. Dia mengikuti kursus kaligrafi yang diadakan di Masjidil Haram selama tiga bulan.

Ketrampilan yang ditunjukkan oleh Shokder mampu memikat hati gurunya. Shokder menjadi seorang guru kaligrafi pada tahun berikutnya.

"Saya akan berlatih berjam-jam setiap hari karena saya menyukai kaligrafi Arab. Teman-teman sekelas saya akan datang dan meminta tips tentang cara meningkatkan tulisan tangan mereka," kata Shokder.

Baca juga: Update Haji 2020: Detik-detik Kabah Diberi Wewangian Jelang Pelaksanaan Haji

"Saya merasa sangat senang dan memiliki dorongan kuat untuk menyempurnakan keterampilan saya. Kami biasanya menghabiskan waktu berjam-jam berlatih tanpa henti, dengan fokus penuh pada tugas-tugas yang ada untuk menyempurnakan pekerjaan kami," tambahnya.

Jenis font yang disukai Shokder adalah naskh. Font itu dianggap sebagai salah satu bentuk kaligrafi Islam paling awal dan digunakan dalam Al-Quran.

Setelah mengajar beberapa tahun di Masjidil Haram, dia mendaftarkan ke Departemen Pendidikan Seni, Universitas Umm al-Qura, pada 1989.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X