Save America PAC Trump Belum Pakai Dana untuk Biayai Audit Pemilu AS

Kompas.com - 23/07/2021, 13:25 WIB
Presiden AS Donald Trump menyaksikan kerumunan warga usai bermain golf saat hendak kembali ke Gedung Putih, Washington DC, AS, Sabtu (7/11/2020). Joe Biden dipastikan melenggang ke Gedung Putih dengan 290 suara elektoral yang diraihnya sejauh ini, mengakhiri kepemimpinan 4 tahun Donald Trump. AFP/ALEX EDELMANPresiden AS Donald Trump menyaksikan kerumunan warga usai bermain golf saat hendak kembali ke Gedung Putih, Washington DC, AS, Sabtu (7/11/2020). Joe Biden dipastikan melenggang ke Gedung Putih dengan 290 suara elektoral yang diraihnya sejauh ini, mengakhiri kepemimpinan 4 tahun Donald Trump.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Political Action Committee (PAC) mantan presiden AS Donald Trump, belum memakai satu pun dari sekitar 75 juta dollar AS yang sudah terkumpul, untuk membantu membiayai peninjauan pemilu AS.

The Washington Post melaporkan pada Kamis (22/7/2021), bahwa PAC dibentuk setelah pemilu 2020 untuk membantu mendanai tim Trump dalam upayanya menentang hasil pemilu.

Namun, orang-orang yang akrab dengan keuangan PAC mengatakan bahwa komite telah memegang banyak uang, yang sebagian telah digunakan untuk membayar beberapa pengeluaran Trump, termasuk biaya perjalanan dan hukum, serta gaji staf.

Baca juga: Jenderal Tinggi AS Sempat Khawatir Trump Lakukan Kudeta Pasca-Kalah Pemilu AS

PAC, yang perlu secara terbuka mengungkapkan penggalangan dana dan pengeluarannya untuk paruh pertama tahun ini pada tanggal 31 Juli, sebelumnya melaporkan dalam pengajuan Komisi Pemilihan Federal awal tahun ini.

Mereka mengklaim telah mengumpulkan hampir 31,2 juta dollar AS pada akhir tahun 2020.

Rincian ini dibagikan sumber yang berbicara pada Post dengan syarat anonim untuk menggambarkan keuangan kelompok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini terjadi di kala Trump terus mengajukan klaim palsu tentang pemilu 2020 yang menurutnya dicurangi.

Melalui PAC-nya, Trump mengirimkan pernyataan yang mendukung audit pemilu, termasuk yang sedang berlangsung di Maricopa County Arizona.

"Tidak ada kemenangan di sini, atau di negara-negara swing voters lainnya," tulis mantan presiden itu, dalam salah satu pesan yang dibagikan oleh Save America PAC.

Baca juga: Trump Muncul Lagi Setelah Lengser Keprabon, Kembali Klaim Pemilu AS Curang

Sementara itu Senat Arizona yang didominasi Partai Republik, mengatakan akan menyediakan 150.000 dollar AS dalam pengeluaran pembayar pajak untuk audit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.