Puluhan Anjing Diselamatkan Aktivis Sebelum Jadi Hidangan di Festival Daging Anjing di China

Kompas.com - 21/06/2021, 21:15 WIB
Sejumlah anjing yang dikandangi di atas truk untuk dibawa ke Festival Daging Anjing Yulin, China. [Via Daily Mail] Via Daily MailSejumlah anjing yang dikandangi di atas truk untuk dibawa ke Festival Daging Anjing Yulin, China. [Via Daily Mail]

YULIN, KOMPAS.com - Puluhan anjing berhasil diselamatkan para aktivis binatang, yang akan jadi hidangan di festival daging anjing di China selatan.

Sebuah truk mengangkut 68 ekor anjing yang dijejalkan di kandang sempit dihentikan saat menuju kota Yulin, China pada Jumat pekan lalu (18/6/2021).

Aktivis mengatakan beberapa anjing terinfeksi penyakit, sementara yang lain tampaknya merupakan binatang peliharaan yang telah dicuri dengan maksud akan dibunuh untuk dimakan di Festival Daging Anjing Yulin.

Baca juga: Festival Daging Anjing di China Bakal Digelar, 5.000 Ekor Dibunuh dalam 10 Hari

Salah satunya bahkan hamil dan melahirkan 2 anak anjing tak lama setelah truk dihentikan dan anjing-anjing diselamatkan, seperti yang dilansir dari Daily Mail pada Senin (21/6/2021).

Humane Society International mengatakan tim penyelamat berhasil membujuk pengemudi truk untuk menyerahkan kargonya, dan 70 hewan itu kini dirawat di tempat penampungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Liang Jia, seorang aktivis Guangxi, mengatakan, "Sungguh frustasi melihat truk-truk anjing tiba di Yulin ketika pihak berwenang seharusnya menghentikan mereka dan menyita anjing-anjing itu."

"Jadi, kami memutuskan untuk menyelamatkan sendiri beberapa anjing dan menunggu di jalan raya untuk truk berikutnya tiba," ujarnya.

Baca juga: Lagi di Kota Lain India, Anjing Liar Terlihat Memakan Jenazah Setengah Terbakar Diduga Korban Covid-19

"Ketika itu terjadi, kami menandainya dan meyakinkan pengemudi truk untuk menyerahkan anjing-anjing itu karena mereka jelas-jelas adalah hewan peliharaan curian yang dia tidak memiliki dokumen," ucapnya.

Anjing-anjing itu disebutkan mengulurkan tangan mereka, seperti hewan peliharaan di rumah, dan mereka memiliki gigi yang sehat, yang diartikan seseorang merawat mereka sebelum mereka dicuri.

"Pihak berwenang Yulin memiliki tanggung jawab untuk melindungi kesehatan masyarakat, bahkan jika mereka juga tidak peduli dengan hewan seperti yang kami lakukan," ujarnya.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X