Kompas.com - 27/05/2021, 22:21 WIB

KOTA MEKSIKO, KOMPAS.com - Gambar tangkapan layar dari Google Maps diklaim sebagai rumah dari gembong narkoba di Meksiko.

Pengguna Google Maps mengunggah sejumlah foto di Reddit. Foto pertama menunjukkan pagar tinggi yang dikelilingi kawat berduri panjang.

Diperlihatkan juga gerbang pintu yang kuat yang terbuat dari baja berwarna hitam.

Baca juga: Pangeran Harry Mabuk Berat Seharian dan Hampir Pakai Narkoba untuk Obati Trauma Kematian Putri Diana

Lalu, tangkapan layar versi birds-eye-view dari Google Maps menunjukkan perkebunan mewah yang terbentang megah dengan 2 kolam renang dan lahan yang berhektar-hektar.

Pagar tinggi dipasang di sekitar properti dan beberapa bangunan yang tersebar di dalam kompleks.

Melansir The Star pada Selasa (25/5/2021), pengguna internet mempertanyakan apakah rumah Lago de Chapala adalah "rumah gembong narkoba" atau hanya "orang yang sangat waspada".

Baca juga: [Cerita Dunia]: Bos dari Segala Bos, Miguel Angel Felix Gallardo, “Arsitek” Perang Narkoba

Gembong narkoba dikenal memiliki rumah yang dijaga dengan baik dan mewah, seperti Pablo Escobar bahkan memiliki kebun binatang di taman belakangnya dengan burung eksotik, jerapah, serta ada kuda nil.

Di foto dari Google Maps menunjukkan rumah megah itu memiliki koleksi kolam renang dan lapangan terbang pribadinya sendiri.

Tidak semua orang yang menanggapi foto tangkapan layar Google Maps itu yakin temuan dari pengguna internet tersebut seperti yang terlihat.

Seorang netizen berkomentar, "Gembong narkoba tidak bisa sebebas itu dan bahkan jika mereka melakukan hal itu, maka (biasanya) mereka tinggal di daerah terpencil."

Baca juga: Berawal dari Cerita Nenek, Polisi Berhasil Bongkar Sindikat Narkoba Mafia

"Ini Ajijic, tempat terkenal di mana ekspatriat dan beberapa orang kaya tinggal, (dan) itu mungkin peternakan milik keluarga," ucap netizen lainya.

USA Today memperkirakan ekspatriat mencapai lebih dari setengah populasi kota di musim dingin.

Pengguna Google Maps sering kali dengan cepat membagikan teori mereka terhadap gambar yang mereka temukan di situs itu.

Baca juga: Bandar Narkoba Spanyol Bangun Kapal Selam Khusus, Mampu Angkut 2 Ton Obat Terlarang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber The Star
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.