Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2021, 11:30 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

NEW DELHI, KOMPAS.com - Bola api misterius disebut muncul di atas langit India yang membuat warga lokal panik, khawatir itu adalah roket China yang hilang kendali.

Beberapa orang berspekulasi bola api yang terlihat seperti UFO itu mungkin adalah roket China yang lepas kendali yang saat ini meluncur jatuh ke Bumi.

Baca juga: Puing-puing Besar Roket China Long March 5B Hancur di Samudra Hindia

Roket Long March 5B saat ini sedang dalam perjalanan kembali ke bumi dengan kecepatan 4 mil (6,4 km) per detik dan bisa jatuh di mana saja, antara 41 derajat utara dan selatan khatulistiwa, sebuah area yang mengarah di Delhi, ibu kota India.

Melansir The Sun pada Sabtu (8/5/2021), video dari India menunjukkan bola api berwarna kekuningan muncul beberapa kali, sebelum tiba-tiba menghilang.

Objek tersebut terlihat bergerak di langit malam di distrik Kishtwar di wilayah Jammu dan Khasmir.

Foto yang diambil pada 29 April 2021 memperlihatkan roket Long March 5B membawa modul stasiun luar angkasa China, Tianhe dari Pos Peluncuran Luar Angkasa Wenchang. Puing-puing besar roket itu diklaim China sudah jatuh dan hancur di Samudra Hindia, dekat Maladewa.AFP PHOTO/CHINA NEWS SERVICE/STR Foto yang diambil pada 29 April 2021 memperlihatkan roket Long March 5B membawa modul stasiun luar angkasa China, Tianhe dari Pos Peluncuran Luar Angkasa Wenchang. Puing-puing besar roket itu diklaim China sudah jatuh dan hancur di Samudra Hindia, dekat Maladewa.

Baca juga: Roket China Segera Jatuh ke Bumi, Ini Cara Melacaknya Secara Online

Menurut penduduk setempat, benda terbang tak dikenal bercahaya membuat mereka terpana.

"Apakah itu satelit yang mengorbit di bumi di ketinggian rendah, alien, pesawat tak berawak atau roket raksasa China yang tidak terkendali?" kata, yang menonton video tersebut.

Sementara, suara seorang anak yang takjub dapat didengar di latar belakang video rekaman tersebut.

Baca juga: AS Berharap Roket China yang Jatuh Tak Terkendali ke Bumi Tak Melukai Orang

"Kami ketakutan melihatnya. Tampaknya penuh dengan api," kata Feroz Ahmed, warga setempat.

Ada pun warga lokal lainnya, Aijaz, yang tertarik mempelajari astronomi, berkata, "Itu tidak terlihat sebagai kendaraan udara tak berawak atau bahkan pesawat tak berawak."

“Tampaknya lebih seperti UFO,” kata Abdul Rehman.

Baca juga: Roket China Diprediksi Jatuh di Australia

Roket Long March 5B, yang membawa modul stasiun luar angkasa China telah berhasil meluncurkan modul Tianhe pada pekan lalu, yang akan menjadi tempat tinggal bagi Stasiun Luar Angkasa China (CSS) di masa depan.

Sayangnya, roket sepanjang 30 meter, salah satu yang terbesar yang pernah diluncurkan, jatuh ke Bumi tanpa terkendali. Ada kekhawatiran bahwa roket itu bisa mendarat di daerah yang berpenghuni.

Meskipun ada kekhawatiran pesawat itu bisa mendarat di pusat permukiman besar, Pentagon mengatakan tidak ada rencana untuk menembak jatuh roket China tersebut.

Baca juga: Mengenal Roket China Long March 5B yang Akan Jatuh Tak Terkendali ke Bumi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com