“Seperti Lahir Kembali,” Cerita Pria yang Akhirnya Merasakan Kebebasan Setelah 70 Tahun di Bui

Kompas.com - 22/04/2021, 08:55 WIB
Joe Ligon berusia 15 tahun ketika dia masuk penjara dan akhirnya dibebaskan pada usia 83.
PENNSYLVANIA DEPARTMENT OF CORRECTIONSJoe Ligon berusia 15 tahun ketika dia masuk penjara dan akhirnya dibebaskan pada usia 83.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Joe Ligon, seorang laki-laki yang masuk penjara saat masih remaja, baru-baru ini dibebaskan setelah hampir tujuh dekade dibui, dan menceritakan perasaannya setelah akhirnya bebas.

Kepada BBC World Service, Joe Ligon menyampaikan tentang bagaimana dia akan menghabiskan sisa hari-harinya.

"Saya tidak pernah sendiri, tapi saya seorang penyendiri. Saya lebih suka menyendiri sebisa mungkin. Selama saya berada di penjara, saya tinggal di sebuah sel, sejak saya ditangkap hingga dibebaskan.”

Baca juga: China Jebloskan Bos Besar Media Hong Kong Jimmy Lai ke Penjara 12 Bulan

Menurutnya, sel itu membantu orang-orang sepertinya, yang ingin menyendiri. Begitu masuk ke dalam sel dan menutup pintu, tipe orang sepertinya biasanya tidak akan melihat atau mendengar apa-apa.

“Ketika kami diizinkan untuk memiliki radio dan TV -benda itu menjadi teman saya. "

Mungkin adil untuk mengatakan bahwa kehidupan penjara agak cocok dengan Joe Ligon, sampai taraf tertentu.

Penjara memungkinkan dia untuk menundukkan kepala, menutup mulut dan keluar dari masalah, semua pelajaran yang telah dia pelajari selama 68 tahun di balik jeruji besi.

"Saya tidak punya teman di dalam. Saya tidak punya teman di luar. Tapi kebanyakan orang yang bergaul dengan saya ... saya memperlakukan mereka seolah-olah mereka adalah teman dan kami baik-baik saja satu sama lain," katanya.

"Tapi saya tidak menggunakan kata 'teman', saya belajar bahwa pilihan kata itu sangat berarti bagi orang seperti saya. Banyak orang mengatakan bahwa (jika Anda) seorang teman ... Anda bisa membuat kesalahan besar."

Ligon selalu menjadi penyendiri. Tumbuh di negara itu dengan kakek dan nenek dari pihak ibu di Birmingham, Alabama, dia tidak memiliki banyak teman.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X