Kompas.com - 18/03/2021, 15:17 WIB

LONDON, KOMPAS.com - KBRI London menyatakan telah melakukan koordinasi intens dengan Ketua Timnas All England Ricky Soebagja dan Kemenpora.

Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut terkait adanya pemberitaan kewajiban karantina bagi tim Indonesia di Yonex All England 2021 di Birmingham, Inggris.

Kewajiban tersebut membuat tim atlet bulu tangkis Indonesia seluruhnya tidak dapat melanjutkan partisipasi dalam pertandingan tersebut.

Menteri luar negeri Indonesia Retno Marsudi juga telah memberikan arahan yang jelas terkait hal ini, menurut siaran pers Kemenlu Kamis (18/3/2021). 

Retno meminta kepastian tidak ada diskriminasi atau perlakuan tidak adil, terhadap partisipasi atlet bulu tangkis Indonesia dalam turnamen bergengsi bulu tangkis dunia tersebut.

Baca juga: Indonesia Dipaksa Mundur dari All England 2021, PBSI Minta NHS Inggris Transparan

Di saat yang sama, Dubes RI di London Desra Percaya sudah melakukan kontak langsung kepada Dubes Inggris di Jakarta, Owen Jenkins.

Dia meminta agar Dubes Inggris bisa melakukan intervensi ke National Health Services (NHS) / otoritas kesehatan Inggris.

Jenkins diharapkan dapat memastikan alasan dan narasi kewajiban isolasi mandiri 10 hari. Termasuk memastikan tidak adanya diskriminasi dan unfair treatment terhadap atlet Indonesia.

Percaya juga meminta adanya opsi yang memungkinkan dilakukannya tindakan yang mungkinkan atlet Indonesia melanjutkan kompetisi di All England.

Baca juga: Terkait Polemik All England, MPBI Minta Tim Indonesia Sabar dan Berpikir Positif

Pagi ini KBRI akan melakukan pendekatan langsung kepada otoritas Inggris, utamanya NHS, dan juga BWF sebagai penyelenggara. Dialog dilakukan untuk menyampaikan pesan yang sama sebagaimana disampaikan Dubes RI kepada Dubes Inggris di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Rilis
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.