Perjalanan Bersejarah Paus Fransiskus ke Irak sebagai "Peziarah Perdamaian"

Kompas.com - 05/03/2021, 07:38 WIB
Paus Fransiskus merayakan misa Rabu Abu memimpin umat Katolik memasuki Prapaskah, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 17 Februari 2021. AP PHOTO/GUGLIELMO MANGIAPANEPaus Fransiskus merayakan misa Rabu Abu memimpin umat Katolik memasuki Prapaskah, di Basilika Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 17 Februari 2021.

KOTA VATIKAN, KOMPAS.com - Dalam perjalanan bersejarah ke Irak, Paus Fransiskus memberikan penghormatan pada Kamis (4/3/2021) kepada mereka yang telah mengalami kekerasan bertahun-tahun.

Paus mengatakan kedatangannya ke sana adalah sebagai "peziarah perdamaian", seperti yang dilansir dari AFP pada Kamis (4/3/2021).

Dalam sebuah pesan video, pria berusia 84 tahun melambaikan tangannya kepada "para saudar dan saudari dari agama lainnya".

Baca juga: Ada Serangan Roket di Irak, Paus Fransiskus Minta Dirinya Didoakan

Selain itu, juga menyoroti kerugian besar yang harus dibayar oleh komunitas Kristen Irak dengan mengatakan bahwa ada "terlalu banyak martir".

"Saya ingin bertemu dengan Anda, melihat wajah Anda, mengunjungi pulau Anda, tempat lahir peradaban kuno dan luar biasa," ujar Paus.

"Saya datang sebagai peziarah yang bertobat untuk memohon pengampunan dan rekonsiliasi dari Tuhan, setelah bertahun-tahun dilanda perang dan terorisme," lanjutnya.

"Saya datang sebagai peziarah perdamaian dalam mencari persaudaraan, dijiwai oleh keinginan untuk berdoa bersama dan berjalan bersama, juga dengan saudara dan saudari dari agama lainnya," terangnya.

Baca juga: Tak Takut Kematian, Paus Fransiskus Ingin Meninggal di Roma

Paus akan melakukan perjalanan pertama ke laur negeri sejak pandemi Covid-19 melanda Eropa tahun lalu.

Pada Jumat (5/3/2021), Paus akan tiba di Irak dengan agenda yang padat hingga Minggu (7/3/2021).

Dari pusat kota Baghdad hingga kota suci Syiah Najaf, spanduk selamat datang menampilkan gambar Paus dan gelar Arab "Baba al-Vatikan", sudah tersebar di jalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X