Jelang Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak, Paus Benediktus XVI Sampaikan Kekhawatiran

Kompas.com - 01/03/2021, 21:48 WIB
Paus Fransiskus mencium tangan mantan Paus Benediktus XVI dalam kunjungan setelah pelantikan 13 kardinal baru di Vatikan, pada Sabtu, 28 November 2020. Vatican Media via APPaus Fransiskus mencium tangan mantan Paus Benediktus XVI dalam kunjungan setelah pelantikan 13 kardinal baru di Vatikan, pada Sabtu, 28 November 2020.

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI merespons rencana penerusnya, Paus Fransiskus, yang hendak berkunjung ke Irak.

Kepada harian Italia Corriere della Sera, Paus Benediktus menuturkan bahwa perjalanan itu tentunya merupakan agenda yang penting.

Baca juga: Ahli Peringatkan Bahaya Kunjungan Paus Fransiskus ke Irak

Namun, Paus yang meletakkan jabatan delapan tahun silam itu menyoroti situasi keamanan di Timur Tengah maupun virus corona.

"Masa ini tengah sulit. Menjadikannya kunjungan yang berbahaya," ujar Paus Benediktus XVI yang saat ini tinggal di biara kawasan Vatikan.

"Belum lagi situasi di Irak yang tengah tidak stabil. Jadi, saya akan menemani Fransiskus dengan doa saya," lanjutnya.

Paus Fransiskus akan menjadi Paus pertama yang akan mengunjungi Irak selama tiga hari, terhitung sejak Jumat (5/3/2021).

Meski diumumkan pada Desember 2020, Vatikan sebenarnya punya hak untuk menunda kunjungan di menit-menit terakhir.

Tetapi Paus berusia 84 tahun itu tetap melanjutkan agendanya, meski sebagian publik Irak harus melihatnya dari televisi.

Negara tetangga Iran itu kini mengalami gelombang kedua corona, di mana pemerintah menerapkan jam malam dan lockdown akhir pekan.

Beberapa hari sebelum kunjungan, Duta Besar Vatikan untuk Irak positif Covid-19, demikian keterangan pejabat setempat Minggu (28/2/2021).

Dilansir AFP Senin (1/3/2021), Paus Fransiskus berniat untuk memenuhi impian mendiang Paus Yohanes Paulus II.

Baca juga: Paus Fransiskus Lakukan Kunjungan Kepausan Pertama ke Irak Pekan Ini


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X