Truk Oleng Tabrak 15 Orang Tidur di Pinggir Jalan, Semua Tewas

Kompas.com - 19/01/2021, 21:01 WIB
Ilustrasi kecelakaan bus di jalan bebas hambatan. Sumber: Shutterstock Ilustrasi kecelakaan bus di jalan bebas hambatan. Sumber: Shutterstock

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Truk yang hilang kendali usai bertabrakan dengan traktor tebu di India, oleng lalu melindas dan menewaskan 15 orang yang sedang tidur di pinggir jalan.

Kecelakaan ini terjadi Selasa dini hari (19/1/2021) di India barat.

Korban tewas termasuk seorang bayi perempuan, delapan wanita, dan enam pria, kata polisi Usha Rada di distrik Surat, negara bagian Gujarat.

Sementara itu enam orang lainnya luka-luka.

Baca juga: Tabrakan Beruntun 134 Mobil di Tol Jepang, Angin Kencang 100 Km Per Jam dan Salju Lebat

Diwartakan kantor berita AFP, kecelakaan bermula saat truk bertabrakan dengan traktor yang mengangkut tebu di persimpangan jalan.

"Sopir truk... kehilangan kendali dan keluar jalan, menabrak para pekerja yang tidur di pinggir jalan," kata wakil pengawas polisi CM Jadeja.

Polisi mengatakan bahwa sopir truk dan traktor sudah ditangkap.

Baca juga: 200 Orang dan 134 Mobil Kecelakaan Beruntun di Jepang, 1 Tewas

Jalanan di India termasuk berbahaya, karena kendaraan kerap dipacu kencang dan bercampur dengan pejalan kaki dan pesepeda.

Infrastrukturnya juga buruk dan sejumlah kendaraan tidak dirawat.

Pada 2019 ada lebih dari 150.000 korban meninggal, rata-rata 410 per hari atau 17 orang tiap jam, akibat hampir 500.000 kecelakaan, menurut data pemerintah.

Pada Senin (18/1/2021) Menteri Perhubungan Nitin Gadkari meresmikan Bulan Keselamatan Jalan, dengan tujuan menekan angka kematian dan kecelakaan di jalan raya, hingga 50 persen pada tahun 2025.

Kemudian PM Narendra Modi yang berasal dari Gujarat mengumumkan, pemerintah akan memberi santunan 200.000 rupee (Rp 38,5 juta) ke keluarga dari masing-masing korban kecelakaan tadi.

Baca juga: 2 Bus Saling Balapan hingga Kecelakaan, Sopirnya Bodoh Permanen


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X