Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Miliar Vaksin Covid-19 Akan Dibagikan ke 190 Negara pada 2021

Kompas.com - 20/12/2020, 19:52 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

KOMPAS.com - Hampir dua miliar dosis vaksin Covid-19 berhasil diamankan untuk didistribusikan ke 190 negara pada 2021, yang membentuk kemitraan yang dipimpin WHO, demikian pengumuman kelompok tersebut pada Jumat (18/12/2020).

Pejabat dari produsen vaksin mengatakan, mereka mengantisipasi penyerahan dimulai pada kuartal pertama tahun depan.

Kemitraan ini yang dikenal sebagai COVAX, mengatakan, pasokan termasuk paling sedikit 1,3 miliar dosis untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Baca juga: Pemerintah Upayakan Pengadaan Vaksin Covid-19 dari COVAX

Sementara vaksin mulai hadir di beberapa negara berpendapatan tinggi, dan sebuah vaksin kedua disetujui di Amerika, bagian dunia lainnya bertanya-tanya kapan pengobatan vaksin itu akan mencapai negara mereka.

COVAX dibentuk untuk menghindari perbedaan dalam hal akses ke perangkat medis antara negara berpenghasilan tinggi dan rendah.

“Sasaran kami untuk menciptakan akses global yang setara ke vaksin Covid-19 sudah ada dan berjalan dengan baik,” kata CEO GAVI Seth Berkley. GAVI adalah sebuah Aliansi Vaksin yang memimpin distribusi vaksin untuk COVAX.

Berkley mengatakan, dia berharap batch vaksin pertama akan diberikan kepada pekerja kesehatan dan orang rentan lainnya, dan akan diserahkan pada akhir Juni.

Distribusi kemudian akan ditingkatkan, dan disasarkan penyerahan yang cukup untuk imunisasi 20 persen populasi negara-negara COVAX pada akhir tahun.

Baca juga: Indonesia Bakal Dapat Subsidi Harga Vaksin Covid-19 dari COVAX Facility

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com