Kompas.com - 15/12/2020, 13:00 WIB
Chuck Yeager dan pesawat Bell Aircraft X-1 yang dibawanya menembus kecepatan suara dengan melaju 1.100 km/jam pada Oktober 1947. TWITTER @airandspaceChuck Yeager dan pesawat Bell Aircraft X-1 yang dibawanya menembus kecepatan suara dengan melaju 1.100 km/jam pada Oktober 1947.

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Oktober 1947, sebuah pesawat melaju sedikit di atas kecepatan Mach 1 atau lebih dari 1.100 km/jam. Pilotnya, Chuck Yeager, kemudian dinobatkan jadi manusia pertama yang menembus kecepatan suara.

Yeager kala itu menunggangi pesawat Bell Aircraft X-1 oranye yang berbentuk mirip peluru, dan dibawanya mengudara selama 14 menit.

Ia menyebut pesawatnya "Glamorous Glennis" sesuai nama istri pertamanya kala itu.

Baca juga: Kisah Perang Anglo-Zanzibar: Baru 2 Menit Sultan Kabur, Istana Hancur, 38 Menit Selesai

Pesawatnya dibawa oleh bomber B-29 di atas Gurun Mojave di California, Amerika Serikat (AS). Di sana Yeager menyalakan mesin roket berbahan bakar oksigen cair, naik ke ketinggian 43.000 kaki, dan kisah selanjutnya menjadi sejarah.

Hebatnya lagi, Yeager menorehkan tinta emas dengan kondisi dibekap cedera.

Menurut War History Online, saat itu lelaki kelahiran West Virginia 13 Februari 1923 tersebut 2 tulang rusuknya patah karena kecelakaan berkuda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun ia menyembunyikan rasa sakitnya, dan konon membawa gagang sapu ke dalam kokpit untuk menahan agar tidak menjerit kesakitan.

"Itu adalah prestasi yang sangat berani," tulis BBC. "Karena tidak ada yang yakin saat itu apakah pesawat bisa bertahan dari guncangan udara". Sementara itu New York Times menyebutnya "pilot penantang maut".

Baca juga: Kisah Perang: Chris Kyle, Sosok di Balik Legenda American Sniper

Berkat prestasinya itu Yeager dianugerahi Trofi Collier and Mackay pada 1948. Penghargaan lainnya adalah A Purple Heart, Distingushed Flying Cross, dan Presidential Medal of Freedom.

Tak cukup sekali memecahkan rekor, Chuck Yeager melampaui kecepatan suara lagi pada 1953. Kali ini pesawat X-1A dibawanya melaju sampai Mach 2,44.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.